Skip to main content

Soal Pts / Uts Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun Ajaran 2019/2020. yang terdiri dari muatan soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Semoga soal PTS/UTS Tema 1 kelas 4 semester 1 ini sanggup dijadikan acuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 4 dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/PTS (Penilaian Tengah Semester) 1.

Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Kelas 4 Semester 1


Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
Muatan Pelajaran : PPKn
1. Bila kolaborasi antarumat beragama terwujud dengan baik akan tercipta ....
a. keseragaman agama
b. perpaduan anutan agama
c. ketahanan nasional yang mantap
d. keindahan dan kebersihan lingkungan

2. Seluruh masyarakat Indonesia perlu memahami keberagaman di Indonesia dengan tujuan ....
a. meningkatkan ekonomi masyarakat
b. mencerdaskan anak bangsa
c. supaya masyarakat Indonesia makmur
d. mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

3. Semboyan negara kita yaitu ....
a. Bhinneka Tunggal Ika
b. Pancasila
c. Undang-Undang Dasar 1945
d. Undang-undang

4. Persatuan sanggup menjadikan bangsa Indonesia tetap ....
a. kokoh dan tercerai-berai
b. kokoh dan berjaya
c. berjaya dan tercerai-berai
d. berselisih dan tercerai-berai

4. Bekerja sama sanggup .... pekerjaan.
a. memberatkan
b. menambah
c. mengumpulkan
d. meringankan

5. Perilaku menghargai perbedaan antarsesama merupakan cerminan perilaku ....
a. tanggung jawab
b. tolong menolong
c. toleransi
d. bekerja sama

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. Ide utama dari sebuah paragraf disebut ..
a. gagasan pokok
b. kalimat utama
c. kalimat penjelas
d. judul

7. Bacalah teks berikut ini!
Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMI) memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir menjelang Tahun Baru 2018. Perkiraan ini dirasa tidak berlebih mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, pengelola menyiapkan aneka macam program hiburan dengan tema "Pesta Rakyat", di antara pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut yaitu ....
a. pesta kembang api di TMII
b. membludaknya pengunjung TMII
c. asumsi jumlah pengunjung TMII
d. daya tarik pengelola TMII

8. Bacalah teks berikut ini!
Siswa kelas empat sedang melaksanakan kerja bakti. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, kelompok kedua membersihkan halaman, sedangkan kelompok ketiga membersihkan kamar mandi. Ibu guru merasa bahagia melihat pekerjaan muridnya cepat selesai dan lingkungan sekolah menjadi higienis dan indah.
Pikiran pokok pada paragraf tersebut terletak pada ....
a. awal paragraf
b. simpulan paragraf
c. tengah
d. awal dan simpulan paragraf

9. Inti dari suatu paragraf biasanya tercermin pada ....
a. kalimat pertama
b. gagasan pendukung
c. kalimat terakhir
d. judul

10. Hari ini SD Teladan mengadakan perkemahan. Hari Sabtu pukul 06.00 para murid sudah berkumpul di halaman sekolah. Tepat pukul 06.30 mereka berangkat menuju Bumi Perkemahan Sekipan, Tawangmangu. Mereka tampak bergembira ria menikmati perjalanan.
Pikiran pokok paragraf tersebut yaitu ....
a. Hari ini SD Teladan mengadakan kegiatan perkemahan.
b. Hari Sabtu pukul 06.00 para murid sudah berkumpul di halaman sekolah
c. Tepat pukul 06.30 mereka berangkat ke Bumi Perkemahan Sekipan, Tawangmangu
d. Mereka tampak bergembira ria menikmati perjalanan.

Muatan Pelajaran : IPA
11. Bunyi yang sanggup didengar oleh insan yaitu ....
a. infrasonik
b. supersonik
c. ultrasonik
d. audiosonik

12. Bunyi dihasilkan dari benda yang ....
a. bergoyang
b. berwarna
c. bergetar
d. berpindah tempat

13. Berikut ini yang bukan teladan sumber bunyi yaitu ....
a. gendang
b. seruling
c. kentongan
d. senter

14. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan ....
a. gelombang elektromagnetik
b. gelombang cahaya
c. gelombang bunyi
d. gaung

15. Bunyi akan dipantulkan bila mengenai ....
a. kain
b. karpet
c. tembok
d. sofa

Muatan Pelajaran : IPS
16. Suku Dayak merupakan suku bangsa Indonesia yang berasal dari Pulau ....
a. Kalimantan
b. Sulawesi
c. Sumatera
d. Papua

17. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia bukanlah penghalang menuju persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia. Hal tersebut terwujud dan terpelihara jikalau ada perilaku ....
a. merasa pintar
b. paling benar
c. menang sendiri
d. toleransi

18. Tari Gambyong berasal dari ....
a. Nanggroe Aceh
b. Jakarta
c. Jawa Tengah
d. Sunda

19. Berikut ini yang termasuk keragaman rumah susila di Indonesia yaitu ....
a. merak
b. gadang
c. engklek
d. kerak telor

20. Lagu Apuse berasal dari ....
a. Bali
b. maluku
c. Papua
d. Jakarta

Muatan Pelajaran : SBdP
21. Elemen yang terpenting yang ada pada sebuah tari yaitu ....
a. kostum
b. gerak
c. musik
d. pola lantai

22. Tarian yang dilakukan oleh dua orang penari yang umumnya putra dan putri disebut tari ....
a. tunggal
b. pasang
c. berpasangan
d. kelompok

23. Tari kecak dari Bali merupakan teladan tari ....
a. tunggal
b. pasang
c. berpasangan
d. massal

24. Tarian tradisional ini memakai properti payung, boneka, dan kendi. Tarian tradisional tersebut yaitu tari ....
a. Payung
b. Jaipong
c. Bondan
d. Kipas Pakarena

25. Peragaan atau perilaku dan gerak dari seluruh anggota badan dengan penguasaan keterampilan gerak dalam tari yaitu pengertian ....
a. wirama
b. wirasa
c. wiraga
d. wirupa

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Rasa persatuan dan kesatuan sanggup ditingkatkan dengan ...............................................................
2. Terhadap orang yang berbeda kebudayaan kita harus ..............................................
3. Bekerja sama sanggup berjalan dengan baik apabila seluruh warga saling .......................................
4. Piket kelas merupakan salah satu teladan kolaborasi di lingkungan ...........................................
5. Orang yang tidak mau kerjasama di lingkungan masyarakat maka akan .........................................
6. Indonesia merupakan negeri berbudaya. Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku, bahasa, ras, dan agama. Keberagaman tersebut tidak membuat Indonesia terpecah belah. Semua rakyat Indonesia selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
Kalimat utama pada paragraf di atas yaitu ..............................................................................
7. Setiap paragraf mempunyai ............................................................. utama.
8. Kalimat yang mengandung gagasan pendukung disebut ....................................................
9. Meringkas dilakukan dengan cara menghubungkan antar .............................................................
10. Inti dari sebuah teks yang disajikan secara ringkas disebut ........................................................
11. Benda atau alat yang menghasilkan bunyi disebut ...........................................................
12. Suara meja yang dipukul sanggup terdengar oleh telinga. Hal tersebut terjadi alasannya yaitu merambat melalui media ......................................................
13. Bunyi sanggup merambat melalui benda ........................................................
14. Benda peredam bunyi antara lain ..................................................................
15. Kayu merupakan media perambatan bunyi yang berupa benda ..............................................
16. Keberagaman kebudayaan merupakan ........................................................ bangsa.
17. Suku Sasak merupakan suku bangsa Indonesia yang berasal dari .............................
18. Setiap tempat di Indonesia mempunyai makanan khas daerah. Kerak telor yaitu jajanan khas .........
19. Idul Fitri yaitu hari raya umat .......................................................
20. Rumah susila Krong Bade berasal dari .........................................................
21. Aneka ragam gerak sanggup dirangkai menjadi sebuah ...................................................
22. Tari Remo berasal dari ..........................................................
23. Perlengkapan dalam sebuah tari disebut ..............................................
24. Gerak dasar pada tari Saman antara lain ......................................................
25. Jenis gerak tari yang mempunyai arti disebut gerak .............................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Jelaskan pengertian toleransi dalam keberagaman !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

2. Mengapa kita harus bersatu dalam keberagaman? Jelaskan alasanmu!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

3. Sebutkan teladan perilaku persatuan dan kesatuan dalam keberagaman!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

4. Sebutkan alasan insan melaksanakan kolaborasi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

5. Bagaimana cara bekerja sama dalam keberagaman?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................


6. Jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pokok !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

7. Jelaskan cara memilih gagasan pokok sebuah paragraf!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

8. Apa yang kau ketahui ihwal ringkasan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9-10!
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis
alat musik. Berikut yaitu teladan alat musik yang dimiliki oleh aneka macam suku di Indonesia. Cara
memainkannya berbeda-beda. Kecapi berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan cara dipetik.
Angklung juga berasal dari Jawa Barat. Saluang berasal dari Sumatra Barat. Gendang dari Jawa
Barat dan tifa yang cara memainkannya dipuku!.
9. Tentukan kalimat utama pada paragraf di atas!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

10 Tentukan gagasan utama pada paragraf tersebut!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

11. Sebutkan sifat-sifat bunyi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

12. Sebutkan benda-benda yang sanggup memantulkan bunyi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

13. Sebutkan teladan tempat-tempat yang mempunyai peredam suara!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

14. Sebutkan teladan tempat-tempat yang sanggup mengakibatkan gema!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

15. Mengapa bunyi pantulan bersifat merugikan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

16. Sebutkan 5 suku bangsa yang ada di Indonesia !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

17. Mengapa Indonesia mempunyai keragaman suku bangsa yang tinggi ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

18. Sebutkan keberagaman yang ada di Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

19. Sebutkan tarian tradisional Indonesia beserta asalnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

20. Jelaskan efek keberagaman sosial budaya bangsa terhadap masyarakat di Indonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

21. Jelaskan yang dimaksud dengan pola lantai!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

22. Sebutkan dua tarian yang dilakukan dengan posisi duduk!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

23. Jelaskan yang dimaksud gerak maknawi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

24. Kapan tari Saman biasanya dipentaskan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

25. Jelaskan fungsi deretan atau pola lantai pada tari?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

KUNCI JAWABAN ROOM I

Muatan Pelajaran : PPKn
1. c. ketahanan nasional yang mantap
2. d. mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
3. a. Bhinneka Tunggal Ika
4. b. kokoh dan berjaya
4. d. meringankan
5. c. toleransi

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. a. gagasan pokok
7. c. asumsi jumlah pengunjung TMII
8. a. awal paragraf
9. a. kalimat pertama
10. a. Hari ini SD Maju Pintar mengadakan kegiatan perkemahan.

Muatan Pelajaran : IPA
11. d. audiosonik
12. c. bergetar
13. d. senter
14. c. gelombang bunyi
15. c. tembok

Muatan Pelajaran : IPS
16. a. Kalimantan
17. d. toleransi
18. c. Jawa Tengah
19. b. gadang
20. c. Papua

Muatan Pelajaran : SBdP
21. b. gerak
22. c. berpasangan
23. d. massal
24. c. Bondan
25. c. wiraga

KUNCI JAWABAN ROOM II

PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25
1. bekerja sama
2. menghormati
3. mengerti
4. sekolah
5. dikucilkan warga
6. Indonesia merupakan negeri berbudaya
7. kalimat
8. gagasan penjelas
9. paragraf
10. ringkasan
11. sumber bunyi
12. udara
13. padat, cair, dan gas
14. busa, karpet, spoon
15. padat
16. kekayaan
17. Bali
18. Betawi
19. Islam
20. Nangroe Aceh Darussalam
21. tari
22. Jawa Timur
23. properti
24. tepuk tangan dan tepuk dada
25. maknawi

KUNCI JAWABAN ROOM III

PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. toleransi dalam keberagaman artinya perilaku saling menghormati dan bekerja sama dengan kelompok lain meskipun berbeda suku, bahasa, budaya, adat-istiadat, dan agama

2. biar Indonesia menjadi bangsa yang berpengaruh dan bersatu

3. 1) saling menghormati dan menghargai antar umat beragama
2)saling menjaga toleransi atau saling tolong menolong walaupun berbeda-beda agama
3)selalu hidup rukun walaupun dilingkungan kita ada beberapa orang yang berbeda agama dengan kita

4. biar pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat selesai, disamping itu bekerja sama juga sanggup menjalin tali kerukunan

5. dengan menghargai perbedaan dan menumbuhkan perilaku toleransi

6. gagasan pokok yaitu pokok pikiran utama dari suatu paragraf yang mendasari terbentuknya paragraf
7. Cara untuk memilih gagasan pokok pada suatu teks yaitu :
Menemukan kalimat utama pada awal paragraf (paragraf deduktif)
Menemukan kalimat utama pada simpulan paragraf (paragraf induktif)
Menemukan simpulan isi pada awal dan simpulan paragraf (paragraf campuran

8. ringkasan yaitu uraian yang lebih singkat dari sebuah bacaan
9. Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis
alat musik.
10. Jenis alat musik yang dimiliki oleh aneka macam suku di Indonesia.

11. bunyi sanggup dipantulkan (refleksi), bunyi sanggup dibiaskan (refraksi), bunyi sanggup dipadukan (interferensi), bunyi dilenturkan (difraksi) dan bunyi sanggup diresonansikan.

12. Batu, tembok, kaca, keramik, seng, besi, atau benda benda yang besifat padat/keras
13. gedung bioskop, studio rekaman
14. goa, sumur, lereng bukit
15. alasannya yaitu pantulan bunyi mengganggu bunyi aslinya
16. Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Bugis, Suku Dayak, Suku Baduy
17. Karena Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau
18. keragaman suku, agama, bahasa, susila istiadat, dan budaya
19. Tari Saman dari Aceh, Tari Cakalele dari Maluku, Tari Pendet dari Bali
20. keragaman budaya menawarkan dampak negatif dan kasatmata bagi masyarakat
21. Pola lantai merupakan pola atau skema yang dilakukan seorang penari dengan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi dalam sebuah ruang.
22. Tari Saman, Tari Kecak
23. gerak maknawi yaitu jenis gerak tari yang mempunyai arti
24. dikala ada acara-acara penting
25. fungsi deretan atau pola lantai pada tari yaitu untuk menata gerakan tarian, membuat kekompakan antar anggota penari, serta membentuk komposisi dalam pertunjukan tari sehingga menjadikan tarian yang disajikan menjadi lebih indah dan menarik dikala ditonton.

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Itulah Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata