Skip to main content

Soal Pts / Uts Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Berikut ini yaitu referensi latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun Ajaran 2019/2020. yang terdiri dari muatan soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Semoga soal PTS/UTS Tema 3 kelas 4 semester 1 ini sanggup dijadikan referensi untuk berguru khususnya adik-adik kelas 4 dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/PTS (Penilaian Tengah Semester) 1.

Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 3 Kelas 4 Semester 1


Berikut ini yaitu referensi latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
Muatan Pelajaran : PPKn
1. Salah satu hak kita terhadap tumbuhan yaitu ....
a. melaksanakan reboisasi
b. menyirami tanaman
c. memberi pupuk pada tanaman
d. memanfaatkan tumbuhan sebagai materi makanan

2. Salah satu tanggung jawab insan terhadap lingkungan yaitu ....
a. tidak membuang sampah sembarangan
b. mengeksploitasi alam
c. mengolah sumber daya alam
d. menebang pohon

3. Sikap kita saat melihat sahabat merusak tumbuhan yaitu ....
a. mendukungnya
b. ikut merusak tanaman
c. menegurnya
d. membiarkannya

4. Melestarikan sumber daya alam merupakan kiprah ....
a. pecinta lingkungan
b. pramuka
c. pemerintah
d. semua masyarakat

5. Membuang sampah pada tempatnya merupakan referensi wujud kewajiban terhadap ....
a. orang tua
b. guru
c. lingkungan
d. teman

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. Orang yang menjadi informasi dalam wawancara disebut ....
a. penulis
b. narasumber
c. wartawan
d. reporter

7. Cara memperoleh informasi dengan cara tanya jawab disebut ....
a. negosiasi
b. wawancara
c. kolaborasi
d. dialog

8. Laporan yang disusun sesudah melaksanakan wawancara disebut ....
a. laporan hasil observasi
b. laporan hasil investigasi
c. laporan pertanggungjawaban
d. laporan hasil wawancara

9. Sebelum melaksanakan wawancara, yang harus dilakukan yaitu ....
a. menciptakan daftar pertanyaan
b. membawa alat tulis
c. menciptakan judul
d. membawa peralatan untuk wawancara

10. Budi : “Maaf, Pak saya mengganggu waktu Bapak.”
Pak Joko : “Oh, tidak apa-apa Nak.”
Budi : ......................................................
Pak Joko : “Oh, boleh saja. Apa yang ingin kau ketahui?”

Kalimat yang sempurna diucapkan Budi yaitu ....
a. Boleh saya tanya ke Bapak?
b. Boleh saya mewawancarai Bapak?
c. Bolehlah saya bertanya kepada Bapak?
d. Boleh kan saya tanya sedikit kepada Bapak?

Muatan Pelajaran : IPA
11. Bentuk paruh burung biasanya sesuai dengan ....
a. habitatnya
b. lingkungannya
c. jenis makanannya
d. cara berkembang biak

12. Antena pada kupu-kupu berfungsi untuk ....
a. menghisap nektar
b. berjalan
c. keseimbangan
d. terbang

13. Salah satu penyebab punahnya sebuah spesies binatang yaitu ....
a. pelestarian alam
b. perburuan binatang langka
c. reboisasi
d. kebijaksanaan daya hewan

14. Bentuk pelestarian sumber daya alam berupa binatang konsumsi yaitu melaksanakan ....
a. budidaya hewan
b. perburuan liar
c. memancing
d. menjala ikan

15. Perhatikan upaya-upaya berikut !
(1) Tidak membuang sampah sembarangan
(2) Mendirikan cagar alam
(3) Menanami lahan kosong di pekarangan rumah
(4) Tidak membunuh burung-burung yang ada di lingkungan rumah

Upaya yang sanggup kita lakukan untuk melestarikan lingkungan yaitu ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (1), (2), dan (4)

Muatan Pelajaran : IPS
16. Daratan yang berbatasan dengan bahari disebut ....
a. rawa
b. sungai
c. danau
d. pantai

17. Salah satu manfaat sungai di Kalimantan yaitu dipakai sebagai ....
a. pembangkit listrik
b. pengairan sawah
c. sarana transportasi
d. pengembangbiakan bibit ikan

18. Contoh tumbuhan yang tumbuh di rawa yaitu ....
a. bakau dan eceng gondok
b. pohon pinus dan tebu
c. tembakau dan kedelai
d. padi dan jagung

19. Perhatikan daftar tanaman-tanaman di bawah ini!
(1) Кoрі.
(2) Tebu.
(3) Teh.
(4) Kelapa sawit.
(5) Cokelat.
Berdasarkan daftar tumbuhan di atas, tumbuhan yang cocok ditanam di kawasan dataran tinggi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)

20. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi hutan yaitu ....
a. menyimpan cadangan air
b. tempat hidup satwa liar
c. tempat wisata
d. pembangkit tenaga listrik

Muatan Pelajaran : SBdP
21. Salah satu pemanfaatan mozaik dari barang bekas yaitu mozaik dari ....
a. biji alam
b. bungkus mie instan
c. kertas warna
d. daun pisang kering

22. Kolase termasuk dalam karya seni ....
a. tiga dimensi
b. abstrak
c. dua dimensi
d. satu dimensi

23. Menempelkan sebuah materi menyerupai biji-bijian atau lidi pada sebuah lukisan sebaiknya memakai ....
a. staples
b. paku
c. lem
d. air

24. Berikut ini yang tidak termasuk materi alam untuk menciptakan karya kolase yaitu ....
a. biji-bijian
b. lidi
c. daun kering
d. manik-manik

25. Bahan yang tidak sanggup dipakai untuk menciptakan kolase yaitu ....
a. kayu
b. kertas warna
c. kedelai
d. tanah liat

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Memelihara tumbuhan yaitu cara gampang untuk ...............................................
2. Upaya untuk memelihara lingkungan hendaknya kita mulai dari lingkungan terdekat yaitu ..........
3. Sebelum menuntut hak, sebaiknya kita menjalankan .................................................
4. Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita disebut ..................................................
5. Anton mempunyai binatang peliharaan. Anton mempunyai kewajiban memperhatikan kebutuhan ...............
6. Pertanyaan dalam wawancara diajukan oleh .........................................................
7. Salah satu syarat pertanyaan yang baik yaitu sesuai dengan .........................................
8. Wawancara dilakukan oleh lebih dari ...........................................................
9. Menyiapkan daftar pertanyaan yaitu langkah yang perlu dilakukan ......................... wawancara
dilakukan.
10. Pertanyaan disajikan dalam bentuk kalimat ............................................
11. Sumber daya alam dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan .........................................
12. Ikan mempunyai insang untuk ..............................................................
13. Nelayan dihentikan menangkap ikan dengan materi peledak alasannya yaitu ..........................
14. Sampah biasanya didaur ulang untuk mencegah ........................................
15. Program kali higienis merupakan upaya untuk melestarikan lingkungan yang bertujuan mengurangi pencemaran .................................................................
16. Wilayah teluk sangat cocok dipakai untuk ....................................................
17. Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara ......................................................
18. Mata pencaharian penduduk desa sebagian besar di bidang .................................................
19. Kelapa sawit cocok ditanam di kawasan ..........................................................
20. Dengan proteksi sinar matahari air bahari sanggup diubah menjadi ....................................................
21. Cara melaksanakan apresiasi seni yaitu .............................................................
22. Dengan mengapresiasi sebuah karya seni, kita sanggup mengembangkan kemampuan pembuat karya seni tersebut dengan ........................................................
23. Seni menggabungkan gambar hasil guntingan pada majalah atau koran disebut ...................
24. Langkah pertama sebelum menciptakan karya mozaik yaitu ................................................
25. Untuk menciptakan karya seni yang anggun diharapkan .............................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

2. Jelaskan kewajiban kita terhadap tumbuhan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

3. Sebutkan pengaruh negatif jikalau kita tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

4. Jelaskan kewajiban kita terhadap hewan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

5. Mengapa pemilik binatang peliharaan harus menjaga peliharaannya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

6. Mengapa pertanyaan dalam wawancara harus memakai bahasa yang baik dan benar?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

7. Sebutkan kriteria-kriteria pertanyaan wawancara yang baik!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

8. Buatlah sebuah kalimat tanya yang menanyakan alasan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

9. Kapan kita harus menulis laporan hasil wawancara?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

10. Jelaskan perbedaan pewawancara dengan narasumber !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

11. Jelaskan perbedaan sumber daya alam hayati dan nonhayati!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

12. Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan generatif?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

13. Sebutkan tiga binatang yang bernapas dengan paru-paru!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

14. Jelaskan fungsi matahari sebagai sumber daya alam!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

15. Bagaimana cara melestarikan hutan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

16. Sebutkan manfaat waduk bagi kehidupan insan !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

17. Mengapa kawasan lembah sangat cocok dipakai untuk perjuangan pertanian ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

18. Apa manfaat yang sanggup diperoleh dari sungai?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

19. Sebutkan manfaat yang sanggup diperoleh dari laut
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

20. Mengapa masyarakat pesisir pantai biasanya bekerja sebagai nelayan ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

21. Apa pengertian karya seni mozaik?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

22 Jelaskan pengertian apresiasi karya seni !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

23. Apa pengertian karya seni kolase?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

24. Jelaskan pengertian karya seni montase !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

25 Sebutkan bahan-bahan yang sanggup dipakai untuk menciptakan mozaik !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................................

KUNCI JAWABAN ROOM I

Muatan Pelajaran : PPKn
1. d. memanfaatkan tumbuhan sebagai materi makanan
2. c. mengolah sumber daya alam
3. c. menegurnya
4. d. semua masyarakat
5. c. lingkungan

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. b. narasumber
7. b. wawancara
8. d. laporan hasil wawancara
9. a. menciptakan daftar pertanyaan
10. c. Bolehlah saya bertanya kepada Bapak?

Muatan Pelajaran : IPA
11. c. jenis makanannya
12. c. keseimbangan
13. b. perburuan binatang langka
14. b. perburuan liar
15. d. (1), (2), dan (4)

Muatan Pelajaran : IPS
16. d. pantai
17. c. sarana transportasi
18. a. bakau dan eceng gondok
19. b. (1), (3), dan (5)
20. d. pembangkit tenaga listrik

Muatan Pelajaran : SBdP
21. b. bungkus mie instan
22. c. dua dimensi
23. c. lem
24. b. lidi
25. d. tanah liat

KUNCI JAWABAN ROOM II

PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25
1. mengasihi makhluk hidup
2. keluarga
3. kewajiban
4. hak
5. makan dan minumnya
6. pewawancara
7. topik
8. satu orang
9. sebelum
10. tanya
11. manusia
12. bernapas
13. bisa merusak lingkungan
14. pencemaran lingkungan
15. sungai
16. pelabuhan
17. bijak
18. pertanian
19. dataran rendah
20. garam
21. dengan memuji hasil karya orang lain
22. berkreasi dan berimajinasi
23. montaze
24. Print gambar pola yang diambil dari internet atau menggambar sendiri memakai pensil.
25. keterampilan

KUNCI JAWABAN ROOM III

PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Hak yaitu sesuatu yang boleh kita terima. Kewajiban yaitu sesuatu yang harus kita kerjakan
2. menyirami, memberi pupuk
3. bisa mengakibatkan rusaknya lingkungan
4. memberi makan, minum, vaksin, dan berbagi kandang
5. biar binatang peliharaan sanggup dimanfaatkan sebagaimana mestinya
6. biar sesuai dengan topik pembicaraan

7. Ciri - ciri pertanyaan yang baik untuk wawancara :
Pertanyaan sesuai dengan topik yang dibicarakan
Menggunakan bahasa yang baik dan benar
Tidak memperlihatkan pertanyaan diluar topik atau bidang narasumber
Kalimat pertanyaan tidak rancu atau tidak jelas.
Tidak mengandung kalimat yang menyinggung salah satu pihak
Dalam memberikan pertanyaan hendaknya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, intonasi dalam berbicara.

8. Kalimat tanya : Mengapa kau tidak mengerjakan PR?
Alasan : Saya tidak mengerjakan PR alasannya yaitu ketiduran.
9. sesudah melaksanakan wawancara
10. pewawancara yaitu orang yang mewawancarai, narasumber yaitu orang yang diwawancarai
11. sumber daya alam hayati sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam nonhayati yaitu sumber daya alam yang berasal dari bukan makhluk hidup
12. Perkembangbiakan generatif yaitu perkembangbiakan dengan cara kawin
13. ayam, katak, sapi
14. sebagai sumber energi panas alami, untuk membantu proses pengeringan, untuk pembangkit tenaga surya
15. dengan cara babat pilih dan reboisasi
16. untuk mengairi sawah, untuk tempat rekreasi
17. alasannya yaitu tanahnya sangat subur
18. untuk mengairi sawah, untuk mandi, untuk mencuci baju

19. Manfaat dari bahari :
1. Laut menyerap karbon dioksida
2. Sumber kehidupan nelayan
3. Jalur transportasi
4. Sebagai tempat rekreasi
5. Sumber materi makanan
6. Pengendali iklim dunia
7. Untuk penelitian
8. Sumber mineral
9. Sumber minyak bumi
10. Sumber pembangkit listrik

20. alasannya yaitu mereka hidupnya bersahabat dengan laut
21. Mozaik yaitu seni dekorasi dari kepingan materi keras yang disusun dan ditempelkan dengan pelekat
22. Pengertian Apresiasi yaitu suatu proses atau bentuk penghargaan dan evaluasi terhadap suatu hal yg berafiliasi dengan karya seni
23. Kolase yaitu karya seni rupa dua dimensi yang memakai majemuk bahan, menyerupai kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.
24. Montase yaitu suatu karya seni yang disusun dari sejumlah gambar yang diambil dari banyak sekali sumber. Gambar tersebut dipotong sedemikian rupa kemudian digabungkan sampai didapatkan hasil tamat yang utuh.
25. potongan kertas, potongan kaca, potongan kayu, kepingan pecahan keramik, potongan daun

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Itulah Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata