Skip to main content

Soal Uts Ips Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun Aliran 2018/2019

Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Soal UTS IPS ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS IPS ini sanggup membantu adik-adik kelas 5 untuk persiapan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2

Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 2 Terbaru


Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS IPS Kelas  Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

I. Berilah tanda silang (X) pada karakter a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Kedatangan bangsa Belanda pada tahun 1596 di Pelabuhan Banten dipimpin oleh ..
a. Van de Venter
b. Cornelis de Houtman
c. J. P. Coen
d. H. W. Daendels

2. Gubernur Jenderal Daendels membangun jalan raya sepanjang 1.100 km membentang dari ....
a. Anyer-Panarukan
b. Semarang-Panarukan
c. Jakarta-Yogyakarta
d. Bandung-Jakarta

3. Salah satu alasan rakyat Indonesia melawan Belanda ialah ....
a. Belanda membuatkan agama Kristen
b. Belanda memonopoli perdagangan rempah-rempah
c. rakyat Indonesia tidak ingin ada bangsa lain di negaranya
d. rakyat Indonesia ingin menguasai senjata yang dimiliki Belanda

4. Sistem tanam paksa dilaksanakan Belanda di Indonesia bertujuan untuk memperbaiki ....
a. kesejahteraan rakyat Indonesia
b. kemakmuran rakyat Indonesia
c. hubungan Indonesia-Belanda
d. keadaan keuangan di Belanda

5. Tokoh di bawah ini yang menentang taman paksa (cultuur stelsel) ialah ....
a. Thomas Stamford Raffles
b. Eduard Douwes Dekker
c. Daendels
d. Van den Bosch

6. Organisasi pergerakan nasional pertama yang berdiri di Indonesia ialah ....
a. Tri Koro Dharmo
b. Boedi Utomo
c. Indische Partij
d. Jong Java

7. Hukuman bagl rakyat yang melanggar monopoli Belanda ialah ekstirpasi yang berupa ....
a. kerja rodi
b. membayar pajak yang tinggi
c. menyerahkan hasil perkebunan pada Belanda
d. pembinasaan flora rempah-rempah milik petani

8. Berikut bukan merupakan pendekar yang berjuang pada masa sebelum kemerdekaan ialah ....
a. Pangeran Antasari
b. Teuku Umar
c. Jenderal Soedirman
d. Kapiten Pattimura

9. Golongan pemeluk agama Islam di Sumatra Barat yang taat dan tidak terpengaruh oleh tabiat istiadat disebut kaum ....
a. adat
b. paderi
c. kolot
d. santri

10. Latar belakang penolakan Bung Karno dan Bung Hatta atas desakan para cowok untuk memproklamasikan kemerdekaan RI secepatnya ialah ....
a. cara yang dilakukan para cowok tidak etis dan dinilai tergesa-gesa
b. Bung Karno dan Bung Hatta merasa khawatir lantaran tentara Jepang memegang senjata lengkap dan mengemban kiprah memelihara status quo
c. menunggu pembahasan terlebih dahulu melalui sidang PPKI yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945
d. khawatir akan terjadinya pertumpahan darah yang sanggup menyebabkan jatuhnya korban di kalangan rakyat

11. Naskah proklamasi hasil ketikan ditandatangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia. Hal ini merupakan saran dari ....
a. BM. Diah
b. Soekarni
c. Chaerul Saleh
d. Darwis

12. Tujuan golongan cowok menahan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok ialah ....
a. supaya Soekarno Hatta memutuskan hubungan dengan Jepang
b. untuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia
c. supaya keduanya tdak ditawan oleh Jepang
d. supaya Soekarno-Hatta tidak terpengaruh oleh kesepakatan Jepang

13. Tokoh yang mengusulkan Soekarno diangkat sebagai Presiden dan Hatta sebagai Wapres Indonesia ialah ....
a. Otto Iskandardinata
b. Achmad Soebardjo
c. Chaerul Saleh
d. Sutan Syahrir

14. Makna Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945 bagi Indonesia yang paling penting ialah ....
a. merupakan sumber aturan nasional
b. merupakan jembatan emas bangsa Indonesla untuk menata kehidupannya
c. terbebasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan
d. lahirnya NKRI yang merdeka dan berdaulat

15. Dalam menyebarluaskan info proklamasi, ada seorang wartawan yang berhasil menyelundupkan teks proklamasi kemudian menyebarluaskannya lewat radio Hoso Kanri Kyoku. Wartawan tersebut adalan ....
a. Waidan B. Palenewen
b, Syahrudin
c. F. Wus
d. Sutanto

16. Pernyataan kesepakatan kemerdekaan bagi Indonesia yang disampaikan oleh Perdana Menteri Koiso terjadi pada tanggal ....
a. 7 September 1942
b. 7 Seplember 1943
c. 7 September 1944
d. 7 September 1945

17. Alasan di bawah ini yang bukan menjadi latar belakang terbentuknya BPUPKI ialah ....
a. semakin terdesaknya posisi Jepang di Perang Pasifik
b. telah disetujui rancangan tawaran kebangsaan dan kemerdekaan Indonesia oleh Jepang
c. semakin kerasnya tuntutan untuk membentuk pemerintahan sendiri bagi Indonesia
d. semakin lemahnya posisi pasukan Jepang sehabis Pemberontakan Peta 1945

18. Situasi internasional yang mendorong terwujudnya proklamasi kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. keberhasilan Jepang dalam menggempur pangkalan armada Amerika di Hawai
b. Sekutu terlambat mengambil kekuasaan di Indonesia
c. Marsekal Terauchi akan memberi kemerdekaan kepada Indonesia
d. Amerika Serikat menyiarkan pengumuman resmi perihal menyerahnya Jepang kepada Sekutu

19. Pada tahun 1944, pemerintah Jepang memberi kesepakatan kemerdekaan kepada bangsa indonesia melalui Perdana Menteri Koiso lantaran ....
a. kedudukan Jepang dalam Perang Pasifik makin terdesak
b. Sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima
c. Sekutu menjatuhkan bom atom ke NagasÄ…ki
d. Sekutu telah mendarat di Indonesia

20. Organisasi politik berikut ini yang tidak tidak boleh pada masa pendudukan Jepang ialah ....
a. organisasi politik pemuda
b. Partai Nasional Indonesia
c. pergerakan nasional
d. organisasi bentukan Jepang

21. Makna penting legalisasi Undang-Undang Dasar 1945 bagi bangsa Indonesia sehabis proklamasi kemerdekaan adalah....
a. bentuk simbolis bahwa bangsa Indonesia telah mempunyai konstitusi kenegaraan
b. bangsa Indonesia telah siap melakukan pemerintahan sehari-hari
c. simbol bagi kemerdekaan Indonesia dan bentuk kebebasan dari efek bangsa asing
d. adanya suatu jaminan konstitusional bagi seluruh warga negara Indonesia

22. Pada dikala upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia, bendera Merah Putih diklbarkan oleh ....
a. Sukami dan Sayuti Melik
b. Suhud dan Sukarni
c. Sayuti Melik dan Suhud
d. Suhud dan Latief Hendraningrat

23. Surat kabar yang pertama kali memuat info perihal proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah.
a. Bintang Timoer
b. Cahaya Asia
c. Soeara Asia
d. Sinar Djawa

24. Rapat PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menghasilkan beberapa keputusan penting, yaitu ....
a. membentuk BKR
b. membentuk DPF
c. mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
d. mengadakan pemilu

25. Hal yang dilakukan tokoh nasional dikala Jepang mendirikan Badan Pertimbangan Pusat (Cuo Sangi In) ialah ....
a. memahami apa yang diperintahkan Jepang
b. mendirikan partai-partai politik
c. memanfaatkannya sebagi alat untuk mengimbangi poltik Jepang
d. tidak peduli dengan aturan yang dibuat oleh Jepang

26. Tindakan organisasi Putera dalam memperjuangkan kemerdekaan dilakukan melalui ....
a. para pemimpin Putera bekerja sama dengan Jepang
b. menggembleng semangat rakyat menuju kemerdekaan
c. mengerahkan dana dan tenaga untuk kemakmuran Asia Timur
d. pemimpin Putera memasuki Jawa Hokokai

27. Usaha yang dilakukan para cowok sehabis mendengar info kekalahan Jepang, yaitu
a. secepatnya melakukan pengambilalihan kekuasaan
b. menemui golongan bau tanah untuk mengemukakan niatnya
c. mengobarkan semangat revolusi
di seluruh tanah air
d. mengamankan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok

28. Berikut ini yang bukan termasuk dalam pemimpin organisasi Putera (Pusat Tenaga Rakyat) ialah ....
a. Ki Hajar Dewantara
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. Otto Iskandardinata

29. Setelah Jepang menyatakan kalah atas Sekutu, Indonesia berada dalam keadaan Vacum of Power artinya ialah ....
a. tidak ada pemerintah yang berkuasa atas Indonesia
p. Indonesia sedang menyiapkan kemerdekaannya
c. Jepang harus segera meninggalkan Indonesia
d. kekuasaan negara ada di tangan rakyat

30. Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 mempunyai makna bagi bangsa Indonesia, yaitu mengatakan keberhasilan bangsa Indonesia terbebas dari belenggu bangsa penjajah, makna proklamasi tersebut dilihat dari aspek ....
a. ilmu hukum
b. politik ideologis
c. sosial budaya
d. ekonomi

31. "Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya" merupakan paragraf teks proklamasi kemerdekaan RI yang disusun oleh ....
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. B.M. Diyah
d. Achmad Soebardjo

32. Perhatikan nama tokoh di bawah ini !
(1) K.R.T Radjiman Wedyodiningrat
(2) Mr. Ahmad Soebardjo
(3) Ir. Soekarno
(4) Moh. Hatta
Tokoh yang terlibat eksklusif dalam penyusunan teks proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 ditunjukkan pada nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

33. KH. Zaenal Mustofa ialah pemimpin usaha melawan Jepang dari tempat ....
a. Aceh
b. Singapama
b. Indramayu
d. Medan

34. Badan yang dibuat untuk membantu mempersiapkan kemerdekaan RI ialah ....
a. BPUPKI
b. PPKI
c. Putera
d. Peta

35. Musyawarah untuk mempersiapkan Proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung di rumah ....
a. Laksamana Muda Maeda
b. Ahmad Subarjo
c. Moch. Hatta
d. Soerkano

36. Berikut ini yang tidak melatarbelakangi lahirnya pergerakan nasional Indonesia ialah ....
a. kekalahan Jepang
b. rasa senasib sepenanggungan
c. kemenangan Jepang atas Rusia
d. penderitaan rakyat yang berkepanjangan

37. Salah satu cara menghargai jasa tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan ialah ....
a. mencar ilmu dengan giat
b. foto bersama pahlawan
c. menghafalkan nama-nama pahlawan
d. berlatih teater

38. Tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. Dewi Sartika
b. A.A. Maramis
c. Cut Nyak Dien
d. Pattimura

39. Rumusan yang disepakati dan disetujui oleh Panitia Sembilan sebagai sebuah rumusan pembukaan Undang-Undang Dasar disebut ....
a. Pancasila
b. Piagam Jakarta
c. RUUD
d. Teks Proklamasi

40. Makna Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 ialah ....
a. puncak usaha bangsa Indonesia
b. puncak persatuan dan kesatuan bangsa
c. awal pembangunan tanah air Indonesia
d. berakhirnya usaha mengusir penjajah

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud politik etis ?
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

2. Bagaimana strategi Tuanku Imam Bonjol menghadapi Belanda?
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

3. Sebutkan sebab-sebab kekalahan Mataram menyerang Batavia !
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

4. Apa yang dimaksud dengan cultuur stelsel?
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

5. Sebutkan faktor internal yang mendorong tumbuhnya nasionalisme di Indonesia !
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

6. Apa tujuan Jepang menguasai Indonesia?
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

7. Sebutkan 3 usaha yang dilakukan oleh para pejuang untuk mewujudkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia !
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

8. Mengapa sidang I BPUPKI dikenal sebagai detik-detik lahirnya Pancasila !
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

9. Sebutkan kiprah Ahmad Soebarjo dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia !
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

10. Bagaimana cara menghargai jasa para tokoh proklamasi kemerdekaan?
Jawab : .................................................................................................................................................
........................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. b. Cornelis de Houtman
2. a. Anyer-Panarukan
3. b. Belanda memonopoli perdagangan rempah-rempah
4. d. keadaan keuangan di Belanda
5. b. Eduard Douwes Dekker
6. b. Boedi Utomo
7. d. pembinasaan flora rempah-rempah milik petani
8. c. Jenderal Soedirman
9. b. paderi
10. b. Bung Karno dan Bung Hatta merasa khawatir lantaran tentara Jepang memegang senjata
11. b. Soekarni
12. d. supaya Soekarno-Hatta tidak terpengaruh oleh kesepakatan Jepang
13. a. Otto Iskandardinata
14. c. terbebasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan
15. b. Syahrudin
16. c. 7 September 1944
17. d. semakin lemahnya posisi pasukan Jepang sehabis Pemberontakan Peta 1945
18. d. Amerika Serikat menyiarkan pengumuman resmi perihal menyerahnya Jepang kepada Sekutu
19. a. kedudukan Jepang dalam Perang Pasifik makin terdesak
20. d. organisasi bentukan Jepang
21. d. adanya suatu jaminan konstitusional bagi seluruh warga negara Indonesia
22. d. Suhud dan Latief Hendraningrat
23. c. Soeara Asia
24. c. mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
25. b. mendirikan partai-partai politik
26. b. menggembleng semangat rakyat menuju kemerdekaan
27. d. mengamankan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok
28. d. Otto Iskandardinata
29. a. tidak ada pemerintah yang berkuasa atas Indonesia
30. b. politik ideologis
31. b. Moh. Hatta
32. d. (2), (3), dan (4)
33. b. Singapama
34. b. PPKI
35. a. Laksaman Muda Maeda
36. a. kekalahan Jepang
37. a. mencar ilmu dengan giat
38. b. A.A. Maramis
39. b. Piagam Jakarta
40. a. puncak usaha bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Room II

1. Politik etis ialah politik balas kecerdikan artinya pemerintah kolonial atau Belanda bertanggung jawab penuh atas moral untuk kesejahteraan rakyat Indonesia atau pribumi
2. mengadakan perlawanan yaitu dengan meletusnya Perang Paderi
3. kalah persenjataan, kekurangan persediaan makanan, jarak Mataram-Batavia terlalu jauh
4. Cultuur stelsel ialah sistem tanam paksa
5. kejayaan bangsa Indonesia sebelum kedatangan bangsa baru, penderitaan rakyat tanggapan politik drainage, adanya diskriminasi rasial, munculnya golongan terpelajar
6. lantaran Indonesia kaya akan minyak bumi, karet, bauksit, timah, dan bahan-bhan penting lainnya
7. membentuk BPUPKI, insiden Rengasdengklok, , perumusan teks proklamasi
8. lantaran jadwal dari sidang tersebut membahas mengenai dasar negara
9. Ahmad Soebarjo terlibat dalam penyusunan naskah proklamasi
10. mencar ilmu dengan tekun, ikut memperingati hari besar nasional, mengikuti upacara bendera, menjaga nama baik para tokoh kemerdekaan, dan mendoakan para tokoh kemerdekaan
Note: Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata