Skip to main content

Soal Uts/Pts Pendidikan Agama Islam Dan Kebijaksanaan Pekerti Kelas 5 Semester 2 K13

Berikut ini yakni pola latihan Soal UTS/PTS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013. Soal Perguruan Tinggi Swasta Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal ini sanggup membantu adik-adik kelas 5 untuk persiapan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2

Soal Perguruan Tinggi Swasta Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


Berikut ini yakni pola latihan Soal UTS Soal UTS/PTS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Semester 2 K13

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. الْمَاعُوْنَ artinya ....
a. penolong sesama
b. nikmat yang banyak
c. barang-barang yang berguna
d. penyantun anak yatim

2. صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ ....
Lafal yang sempurna untuk melengkapi potongan ayat di atas yakni ....
a. وَلَا يَحُضُّ عَلٰى
b. فَذٰلِكَ الَّذِيْ
c. الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ
d. وَيَمْنَعُوْنَ

3. Nama Al-Ma'ün diambil dari ayat ke ....
a. empat
b. lima
c. enam
d. tujuh

4. Surah Al-Maun berisi perihal ....
a. kisah orang-orang terdahulu
b. kisah para nabi dan rasul
c. orang-orang yang syukur nikmat
d. orang-orang yang mendustakan agama

5. Orang yang tidak mau mengeluarkan hartanya untuk menolong orang lain disebut orang ....
a. kikir
b. hemat
c. sederhana
d. alim

6. Ayat ke 6 dari Surah Al-Maun diakhiri dengan lafal ....
a. سَاهُوْنَۙ
b. بِالدِّيْنِۗ
c. الْمَاعُوْنَ
d. يُرَاۤءُوْنَۙ

7. Laki-laki pilihan Allah yang diberi wahyu untuk dirinya sendiri yakni pengertian dari ....
a. nabi
b. rasul
c. utusan
d. pesuruh

8. Arti kata rasul secara bahasa yakni ....
a. berita
b. utusan
c. pembawa berita
d. hamba Allah

9. Nabi Ismail yakni putra dari Nabi ....
a. Adam a.s
b. Idris a.s
c. Ibrahim a.s
d. Musa a.s

10. Umat Nabi Saleh a.s yakni ....
a. Kaum Nabatain
b. Kaum Tsamud
c. Kaum Soddom
d. Kaum Ad

11. Yang termasuk sifat wajib rasul, kecuali ....
a. baladah
b. tablig
c. amanah
d. fatanah

12. Para rasul Allah mempunyai kecerdasan dan kepandaian dalam memberikan wahyu Allah. Sifat rasul yang sesuai pernyataan di atas yakni ....
a. baladah
c. amanah
c. fatanah
d. siddiq

13. Azab yang diturunkan Allah kepada kaum Nabi Nuh a.s. berupa ....
a. kebakaran
b. mati dimakan ulat
c. diterjang angin topan
d. ditenggelamkan dalam banjir

14. Hanya Allah swt. yang mengetahui jumlah para nabi dan rasul, namun jumlah rasul Allah swt. yang wajib diketahui ada ....
a. 10
b. 15
c. 20
d. 25

15. Nabi Muhammad menerima julukan ‘khatamul anbiya wal mursalin” maksudnya yakni ....
a. epilog para nabi dan rasul
b. bapak para nabi dan rasul
c. rahmat bagi seluruh alam
d. teladan yang baik

16. Kemampuan luar biasa yang diberikan Allah swt. kepada rasul dan tidak sanggup ditiru oleh siapa pun disebut ....
a. irhas
b. maunalh
c. karamah
d. mukjizat

17. Kegunaan mukjizat yang dimiliki seorang nabi yakni sebagai berikut ....
a. menyiksa kaum kafin
b. berlaku sombong kepada musuh Allah
c. mengalahkan musuh-musuh Allah
d. mengakibatkan nabi bisa semena-mena alasannya yakni kuat

18. Yang bukan termasuk rasul Ulul 'Azmi yakni ....
a. Nabi Nuh a.s.
b. Nabi Ayub a.s.
c. Nabi Isa a.s.
d. Nabi Ibrahim as.

19. Berikut ini yang bukan termasuk pernyataan dari iktikad kepada rasul- rasul Allah swt. yakni ....
a. percaya adanya rasul-rasul Allah swt
b. meyakini banyaknya jumlah nabi dan rasul Allah swt
c. percaya bahwa ada nabi sesudah Nabi Muhammad saw
d. meyakini Nabi Adam a.s. yakni nabi dan rasul pertama

20. Nabi Isa a.s menerima kitab suci dari Allah, yaitu Kitab ....
a. Al-Qur an
b. Zabur
c. Taurat
d. Injil

21. Siddiq merupakan sifat wajib bagi rasul yang artinya ....
a. benar
b. cerdas
c. memberikan
d. jujur

22. Sifat wajib rasul yang berarti sanggup mendapatkan amanah yakni ....
a. siddiq
b. amanah
c. fatanah
d. tablig

23. Mukjizat Nabi Musa a.s. yakni ....
a. tidak mati dibakar
h. bisa menyembuhkan orang sakit
c. bisa menghidupkan orang yang telah meninggal
d. membelah lautan menjadi dua dengan tongkatnya

24. Jika mempunyai uang jajan yang berlebih sebaiknya ....
a. dihabiskan untuk jajan
b. ditabung sebagian
c. dikembalikan orang tua
d. dibelikan buku cerita

25. Surah Al-Bayyinah ayat 5 menganjurkan kita untuk ....
a. beribadah dengan ikhlas
b. beribadah dengan rajin
c. beribadah sempurna waktu
d. sederhana dalam memenuhi kebutuhan

26. Sikap terpuji yang dimiliki oleh orang kaya tetapi tidak berlebih atau boros yakni ....
a. kikir
b. ikhlas
c. israf
d. sederhana

27. Dalam berguru kita juga harus tulus salah satu caranya yakni dikala guru menjelaskan kita harus ....
a. mengacuhkannya
b. menciptakan gaduh
c. mendengarkannya
d. memalingkan muka

28. Tidak berlebih-lebihan dikala makan maksudnya yakni ....
a. makan sayur-sayuran saja
b. makan makanan yang populer saja
c. makan makanan yang disukainya
d. makan makanan yang bergizi dan secukupnya saja

29. Larangan-larangan Allah hendaknya selalu kita ....
a. lupakan
b. ucapkan
c. jauhi
d. laksanakan

30. Salah satu penyakit hati yang perlu dihilangkan dalam beribadah yakni ....
a. tawaduk
b. serakah
c. ria’
d. khusyuk

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Al-Maun dalam Al-Qur’an terdapat pada juz ke ...............................................................................
2. Surah Al-Ma'ün ayat 2 bunyinya .........................................................................................................
3. Rasul yang diutus untuk kaum Madyan yakni ..................................................................................
4. Nabi yang mengajak raja Namrud dan kaumnya biar beriman dan menyembah Allah yakni Nabi ..................................................
5. Tidak boros dan tidak kikir disebut ......................................................................
6. Kikir artinya ................................................................................................................
7. Tidak mau mengembangkan kepada orang lain termasuk pola sifat ...........................................................
8. Lawan kata sederhana yakni ..........................................................................................
9. Melakukan shalat alasannya yakni ingin dipuji termasuk perbuatan ..........................................................
10. Menolong teman yang kesulitan berguru harus dilandasi perilaku .................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
1. Siapakah yang disebut pendusta agama? Sebutkan
Jawab : ..............................................................................................................................................
.........................................

2. Sebutkan contoh-contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari dalam meneladani para rasul Allah !
Jawab : ..............................................................................................................................................
.........................................

3. Jelaskan pengertian perilaku hidup sederhana?
Jawab : ..............................................................................................................................................
.........................................

4. Apa manfaat dari perilaku hidup sederhana?
Jawab : ..............................................................................................................................................
.........................................

5. Apa saja ciri-ciri orang yang tulus bersedekah !
Jawab : ..............................................................................................................................................
.........................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS/PTS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Semester 2 K13

KUNCI JAWABAN ROOM I

1. c. barang-barang yang berguna
2. c. الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ
3. d. tujuh
4. d. orang-orang yang mendustakan agama
5. a. kikir
6. d. يُرَاۤءُوْنَۙ
7. a. nabi
8. b. utusan
9. c. Ibrahim a.s
10. b. Kaum Tsamud
11. a. baladah
12. c. fatanah
13. d. ditenggelamkan dalam banjir
14. d. 25
15. a. epilog para nabi dan rasul
16. d. mukjizat
17. c. mengalahkan musuh-musuh Allah
18. b. Nabi Ayub a.s.
19. c. percaya bahwa ada nabi sesudah Nabi Muhammad saw
20. d. Injil
21. a. benar
22. b. amanah
23. d. membelah lautan menjadi dua dengan tongkatnya
24. b. ditabung sebagian
25. d. sederhana dalam memenuhi kebutuhan
26. d. sederhana
27. c. mendengarkannya
28. d. makan makanan yang bergizi dan secukupnya saja
29. c. jauhi
30. c. ria’

KUNCI JAWABAN ROOM II

1. 30
2. فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ
3. Nabi Syu’aib
4. Ibrahim
5. sederhana
6. terlampau ekonomis atau pelit
7. pelit
8. boros
9. ria’
10. ikhlas

KUNCI JAWABAN ROOM III

1. orang yang menghardik anak yatim
2. berkata jujur, memberikan amanat, melakukan shalat sempurna waktu
3. Hidup sederhana yakni hidup yang tidak berlebih-lebihan yang diubahsuaikan dengan kebutuhan
4. orang yang hidup sederhana biasanya rendah hati dan disenangi banyak orang
5. bersedekah dengan sungguh-sungguh tanpa mengharap pujian
Note: Soal UTS/PTS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Semester 2 K13 yakni konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS/PTS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Semester 2 K13 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata