Skip to main content

Soal Uas Ips Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019

Berikut ini yakni pola soal UAS IPS kelas 3 semester 1 terbaru tahun anutan 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UAS IPS ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Akhir Semester 1.

Berikut ini yakni pola soal UAS IPS kelas  Soal UAS IPS Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019

Soal UAS IPS Kelas 3 Semester 1 


I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Berikut ini pola lingkungan buatan yakni ....
a. danau, gunung, dan laut
b. selat, laut, dan gunung
c. Sungai, teluk, dan daratan
d. waduk, jalan, dan gedung

2. Bukit yang sangat besar dan tinggi disebut ....
a. pegunungan
b. daratan
c. gunung
d. laut

3. Berikut ini aktivitas yang sanggup merusak lingkungan yakni ....
a. membersihkan rumah
b. membuang sampah sembarangan
c. merawat tanaman
d. mengubur sampah anorganik

4. Manfaat dari bendungan yaitu sanggup mencegah peristiwa ....
a. tanah longsor
b. banjir
c. kebakaran
d. erosi

5. Wilayah dataran rendah banyak dipakai untuk ....
a. perkebunan
b. pertanian
c. pemukiman
d. rekreasi

6. Bagian daratan yang menjorok ke maritim disebut ....
a. selát
b. tanjung
c. pantai
d. teluk

7. Danau Tempe terdapat di Provinsi ....
a. Kalimantan Timur
b. Sumatra Selatan
c. Sumatra Utara
d. Sulawesi Selatan

8. Sungai juga sanggup dipakai sebagai pembangkit listrik tenaga ....
a. uap
b. angin
c. matahari
d. air

9. Pencemaran udara disebabkan lantaran ....
a. limbah cair pabrik
b. asap pabrik
c. banjir
d. hutan gundul

10. Kerusakan lingkungan sering disebabkan lantaran ulah ....
a. manusia
b. hewan
c. tumbuhan
d. makhluk hidup

11. Asap kendaraan bermotor mengandung zat ....
a. oksigen
b. karbon dioksida
c. karbon monoksida
d. besi

12. Segala sesuatu yang sudah tidak diharapkan lagi disebut ....
a. kotoran
b. barang bekas
c. sampah
d. sisa

13. Orang yang berjasa di bidang lingkungan hidup akan mendapat penghargaan berupa ....
a. kalpataru
b. adiputra
c. adipura
d. upakarti

14. Campuran air maritim dan air tawar disebut air ....
a. asin
c. tambak
c. payau
d. rawa

15. Sawah biasanya ditanami ....
a. kopi
b. teh
c. buah-buahan
d. padi

16. Jalan bebas kendala disebut juga jalan ....
a. layang
b. raya
c. tol
d. setapak

17. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat waduk yakni ....
a. sarana rekreasi
b. perikanan
c. Irigasi
d. pemukiman

18. Alat transportasi di bawah ini yang paling cepat yakni ....
a. kapal laut
b. pesawat terbang
c. bus
d. kereta api

19. Berikut ini yang bukan merupakan kawasan wisata alam yakni ....
a. danau
b. laut
c. pegunungan
d. kebun binatang

20. Tempat kemudian lintas kendaraan disebut ....
a. sawah
b. taman
c. jalan raya
d. waduk

21. Contoh kolaborasi yang dilakukan secara bergiliran yakni ....
a. menolong orang sakit
b. ronda malam
c. menciptakan gapura
d. memperbaiki jalan

22. Berikut ini aktivitas insan yang dihentikan yakni ....
a. menebang pohon pisang
b. memperabukan kertas
c. menanam padi
d. memperabukan hutan

23. Kerja sama yang baik dan saling menguntungkan maka pekerjaan akan menjadi ....
a. lancar
b. lambat
c. terganggu
d. terhenti

24.Sampah yang sebaiknya dikubur yakni ....
a. plastik
b. kertas
c. kaleng
d. daun

25. Simbol segitiga pada peta menawarkan ....
a. sungai
b. gunung
c. gedung
d. danau

26. Di antara arah barat maritim dan timur maritim yakni ....
a. barat
b. utara
c. tenggara
d. barat daya

27. Pada peta, ke kanan selalu menawarkan arah ....
a. utara
b. selatan
c. timur
d. barat

28. Atlas merupakan kumpulan ....
a. gambar
b. denah
c. peta
d. lukisan

29. Berikut ini yang bukan merupakan materi yang dipakai sebagai pembuat rumah yakni ....
a. batu
b. pasir
c. kayu
d. lem

30. Jika kita sedang sakit di lingkungan sekolah, maka kita sanggup pergi ke ruang ....
a. aula
b. laboratorium
c. UKS
d. perpustakaan

31. Berikut ini merupakan binatang yang menjadi penyebab penyakit perut yakni ....
a. lalat
b. kucing
c. burung
d. cecak

32. Benda berikut yang tidak terdapat dalam lingkungan kelas yakni ....
a. meja
b. televisi
c. kursi
d. papan tulis

33. Laut dan sungai merupakan lingkungan alam di wilayah ....
a. daratan
b. udara
c. perairan
d. buatan

34. Perhatikan data di bawah ini!
(1) Gunung
(2) Plaza
(3) Bendungan.
(4) Pantai
(5) Pelabuhan
(6) Danau.
Berdasarkan data di atas, yang merupakan lingkungan alam ditunjukkan nomor ....
a. (1), (4), dan (6)
b. (2), (5), dan (6)
c. (2), (3), dan (5)
d. (1), (3), dan (5)

35. Alat yang dipakai untuk mengetahui arah disebut ....
a. skala
b. barometer
c. kompas
d. termometer

36. Antara arah barat daya dan tenggara yakni arah ....
a. barat
b. barat laut
c. timur
d. selatan

37. Contoh aktivitas kerja bakti di desa yakni ....
a. membangun pos ronda
b. musyawarah
c. siskamling
d. membersihkan rumah

38. Contoh permainan yang memerlukan kolaborasi yakni ....
a. pencak silat
b. catur
c. petak umpet
d. sepak bola

39. Tukang kayu dan tukang kerikil bekerja sama dalam menciptakan ....
a. sepeda
b. rumah
c. roti
d. baju

40. Kebersihan kampung menjadi tanggung jawab ....
a. ketua RT
b. kepala kampung
c. warga kampung
d. petugas kampung

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Sebutkan lima macam lingkungan alam !
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

2. Mengapa hutan disebut paru-paru dunia?
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

3. Apa saja manfaat menjaga kelestarian lingkungan rumah?
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

4. Sebutkan tiga pola kerusakan lingkungan !
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

5. Jelaskan persamaan sketsa dan peta !
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

6. Jelaskan arti skala 1 : 1.000 !
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

7. Sebutkan komponen-komponen yang terdapat pada peta !
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

8. Apa tujuan kolaborasi ?
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

9. Apa saja manfaat kolaborasi di rumah?
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

10. Sebutkan tiga pola kolaborasi yang tidak boleh dilakukan !
Jawab : ........................................................................................................................................
..........................................................

Kunci Jawaban Room I

1. d. waduk, jalan, dan gedung
2. c. gunung
3. b. membuang sampah sembarangan
4. b. banjir
5. c. pemukiman
6. b. tanjung
7. d. Sulawesi Selatan
8. d. air
9. b. asap pabrik
10. a. manusia
11. c. karbon monoksida
12. c. sampah
13. a. kalpataru
14. c. payau
15. d. padi
16. c. tol
17. d. pemukiman
18. b. pesawat terbang
19. d. kebun binatang
20. c. jalan raya
21. b. ronda malam
22. d. memperabukan hutan
23. a. lancar
24. d. daun
25. b. gunung
26. b. utara
27. a. utara
28. c. peta
29. d. lem
30. c. UKS
31. a. lalat
32. b. televisi
33. c. perairan
34. a. (1), (4), dan (6)
35. c. kompas
36. d. selatan
37. a. membangun pos ronda
38. d. sepak bola
39. b. rumah
40. c. warga kampung

Kunci Jawaban Room II

1. laut, gunung, danau, bukit, pantai
2. lantaran hutan menghasilkan banyak oksigen
3. rumah menjadi higienis dan sehat, penghuni merasa nyaman
4. hutan menjadi gundul, sungai mengering, tanah menjadi tandus
5. sama-sama untuk menawarkan letak suatu tempat
6. arti skala 1 : 1.000 yaitu setap 1 cm pada peta = 1.000 cm jarak sebenarnya
7. judul peta, simbol peta, legenda peta, mata angin, keterangan tahun pembuatan
8. biar pekerjaan menjadi ringan
9. pekerjaan cepat selesai, mempererat kerukunan
10. mengerjakan ulangan, menjahili teman, mencuri

Download Soal UAS IPS Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019 plus Kunci Jawaban

Note : Soal UAS IPS Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019 yakni konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal UAS IPS Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

120 Soal Passive Voice Dan Kunci Jawaban

Kalimat pasif / Passive Voice ialah kalimat yang doer/ agent atau pelaku berada di posisi objek dan secara grammatical diawali oleh preposisi by yang artinya oleh. Dan berikut ini ialah pola 120 Soal Passive Voice dan Kunci Jawaban. Jika kalian belum paham atau masih galau bagaimana cara mengubah kalimat aktif menjadi pasif, silahkan dibaca lagi Pelajaran bahasa Inggris Passive Voice . Setelah itu kerjakan soal-soal di bawah ini ya... Jangan takut tidak bisa, alasannya ialah soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Berbicara wacana passive voice, saya pernah mempelajarinya yang mana passive voice hanya dipakai oleh 8 tenses non continuous dan 2 tenses continuous. Namun saya juga pernah membaca buku yang mana passive voice dapat dipakai oleh semua tenses (16 tenses). Dan di bawah ini saya bagikan pola soal passive voice yang dipakai oleh 7 tenses yang paling banyak dipakai ditambah passive voice dengan variasi modal auxiliary. A. PRESENT PASSIVE VOICE Berikut ini ialah so...

Soal Luas Dan Keliling Persegi Panjang Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang  ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga sanggup membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang  untuk materi didik putra-putri/ anak didik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri persegi panjang yaitu .... a. Keempat sudutnya siku-siku b. Keempat sisinya sama panjang c. Mempunyai 2 simetri lipat d. Mempunyai 2 simeteri putar 2. Rumus luas dan keliling persegi panjang yaitu .... a. L = s x s dan K = 4 x s b. L = p x l dan K = 2 x p x l c. L = p + l dan K = 2 x (p + l) d. L = p x l dan K = 2 x (p + l) 3. Suatu persegi panjang ...

Cara Cek Dan Cetak Nisn

Cara mencari, cek dan cetak NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini merupakan tips dan trik pemula. Cara ini lebih sempurna bagi para siswa dan wali murid yang ingin mencari, mengetahui, sekaligus mencetak (print) NISN ini sebagai bukti kepemilikan NISN. Meski cara ini juga sanggup dilakukan oleh operator madrasah untuk keperluan sejenis. Namun bila ingin mengetahui dan mencetak NISN dalam bentuk daftar untuk satu madrasah, sanggup memakai cara lain sebagaimana diulas di artikel:  Cara Copy dan Cetak Semua NISN . Meskipun dalam beberapa waktu terakhir, layanan dengan cara tersebut, tidak sanggup dipakai (tengah dinonaktifkan) NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang sanggup membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. Dengan tugas dan fungsinya tersebut, NISN sangat penting bagi siswa untuk diketahui dan dimiliki buktinya. Mencari NISN dimaksudkan un...