Skip to main content

Soal Uas Pkn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Pemikiran 2018/2019

Berikut ini yakni teladan soal UAS PKn kelas 3 semester 1 terbaru tahun anutan 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UAS PKn ini sanggup dijadikan rujukan untuk mencar ilmu khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Akhir Semester 1.

Berikut ini yakni teladan soal UAS PKn kelas  Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 


Saya sudah berusaha sekuat tenaga namun ternyata saya tidak bisa menuntaskan soal-soal UAS sempurna waktu. Kini UAS sudah di depan mata. Tidak ada kata terlambat untuk terus belajar. Dan kiprah saya di sini hanyalah berusaha membantu adik-adik untuk persiapan UAS. Sedangkan yang berwenang membuat soal ujian yakni pemerintah/ Dinas Pendidikan/ pihak sekolah.

Soal UAS PKn kelas 3 Semester 1 terbaru ini hanya untuk rujukan belajar. Saya selaku admin juraganles.com mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau soal yang saya bagikan ini ternyata tidak ada yang keluar.



Namun adik-adik tidak perlu khawatir. Karena masih mempunyai Soal UAS PKn sebelumnya. Ada baiknya kalau soal ini juga dipelajari. Dengan demikian, semoga saja kalian beruntung.

Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 plus Kunci Jawaban

Dan inilah contoh Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 terbaru ⇩

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Budi Utomo didirikan pada tanggal ....
a. 17 Agustus 1945
b. 20 November 1944
c. 5 Maret 1900
d. 20 Mei 1908

2. Tujuan Kongres Pemuda Indonesia I bersifat ....
a. nasional
b. internasional
c. kedaerahan
d. individualistik

3. Wilayah Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sabang berada di Provinsi ....
a. Sulawesi
b. Aceh
c. Ambon
d. Sumatra

4. Hasil Kongres Pemuda ll yang dijadikan tonggak menuju kemerdekaan Indonesia yakni ....
a. ikrar perjuangan
b. ikrar kemerdekaan
c. ikrar pemuda
d. ikrar Sumpah Pemuda

5. Arti nilai patriotisme dalam Sumpah Pemuda yakni ....
a. tekad ingin menang dengan menggunakan segala cara
b. harapan saling menghormati
c. harapan bersatu untuk menguasai wilayah
d. tekad yang sangat besar lengan berkuasa untuk mempersatukan bangsa

6. Jong Java pada awalnya berjulukan ....
a. Budi Utomo
b. Tri Koro Dharmo
c. Pemuda Indonesia
d. Sekar Rukun

7. Rapat besar Pemuda Indonesia dilaksanakan pada tanggal 30 April 1926 hingga ....
a. 2 Mei 1926
b. 4 Mei 1926
c. 6 Mei 1926
d. 8 Mei 1926

8. Berikut ini yang bukan tokoh pendiri Budi Utomo yakni ....
a. Sutomo
b. Gunawan
c. Wahidin Sudirohusodo
d. H.O.S Tjokroaminoto

9. Setia pada tanah air dan bangsa sanggup diwujudkan dengan sikap ....
a. menggunakan teknologi yang maju
b. mengagumi kebudayaan daerah
c. mempelajari bermacam-macam budaya
d. menjaga nama baik bangsa dan negara

10.Sesuai dengan ikrar Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia berperan sebagai ....
a. alat komunikasi dalam bekerja
b. sarana penghubung antarnegara
c. bahasa resmi dan bahasa nasional
d. mediator dalam dunia pendidikan

11. Berikut ini bukan upaya yang sanggup memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan yakni ....
a. melestarikan kebudayaan yang ada
b. menghormati suku bangsa lain
c. mengutamakan kepentingan umum
d. selalu merasa bahwa kebudayaan tempat sendiri yakni yang terbaik dibandingkan kebudayaan tempat lain

12. Di bawah ini bukan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda yakni ....
a. ketuhanan
b. musyawarah
c. persatuan
d. rela berkorban

13. Kongres Pemuda ll dipimpin oleh ....
a. Soetomo
b. W. R. Supratman
c. M. Tabrani
d. Sugondo Joyopuspito

14. Penerapan nilai Sumpah Pemuda sanggup diwujudkan dengan memberi sumbangan kepada anak putus sekolah yang berupa ....
a. uang
b. kendaraan
c. rumah
d. keterampilan

15. Salah satu tindakan sebagai perwujudan dari Sumpah Pemuda yakni ....
a. selalu menyanyikan lagu kebangsaan
b. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
c. membaca ikrar Sumpah Pemuda setiap saat
d. melestarikan pelaksanaan upacara adat

16. Mengamalkan nilai Sumpah Pemuda, yaitu nilai persatuan dan kesatuan di kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan cara ....
a. musyawarah dalam menuntaskan setiap permasalahan
b. menganggap sahabat dari suku bangsa lain yakni sebuah keluarga
c. membeda-bedakan teman
d. menjauhi sahabat yang berbeda keyakinan semoga tidak terpengaruh

17. Makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda yakni ....
a. pendobrak kolonialisme
b. pendorong pergerakan nasional
c. penggugah semangat kedaerahan
d. pengobar semangat persatuan dan kesatuan bangsa

18. Pedoman insan perihal cara insan berperilaku dalam kehidupan disebut ....
a. norma
b. sanksi
c. petunjuk
d. perintah

19. Manusia yang memahami dari meyakini norma agama, kalau mereka melaksanakan hal-hal yang bertentangan dengan norma agama, maka akan mendapat hukuman ....
a. denda
b. dosa
c. penjara
d. pahala

20. Kesopanan di suatu tempat menurut atas ....
a. hasil keputusan tokoh masyarakat
b. moral istiadat pada suatu daerah
c. harapan seseorang
d. kemauan banyak orang

21. Upacara bendera banyak keuntungannya bagi akseptor didik. Berikut ini yang bukan manfaat upacara bendera di sekolah yakni ....
a. menanamkan rasa cinta tanah air
b. mempertebal semangat kebangsaan
c. mengenal arti disiplin dan tata tertib
d. bisa membuatkan semangat keagamaan

22. Sanksi yang diterima oleh orang yang melanggar norma kesusilaan yakni ....
a. denda
b. kurungan
c. dikucilkan masyarakat
d. penjara

23. Pekerjaan yang berat kalau dikerjakan secara bersama-sama akan ....
a. makin berat
b. gagal dilaksanakan
c. menjadi ringan
d. menjadi murah

24. Tata krama pergaulan pria dan wanita diatur dalam norma ....
a. hukum
b. susila
c. agama
d. undang-undang

25. Salah satu teladan sikap taat pada aturan dalam kehidupan yakni ....
a. membayar uang sekolah kalau sudah diingatkan
b. membuang sampah pada tempatnya
c. mencorat-coret tembok sehari-hari adalah
d. membantu sahabat dalam mengerjakan ujian

26. Daerah atau wilayah berlakunya norma kesopanan yakni ....
a. masyarakat atau tempat tertentu
b. negara tertentu
c. seluruh negara
d. seluruh umat beragama

27. Norma agama berlakunya mencakup ....
a. wilayah tertentu
b. negara tertentu
c. lokasi atau tempat tertentu
d. universal atau umum di seluruh dunia

28. Sanksi norma kesusilaan bersumber dari ....
a. agama sendiri
b. abdnegara penegak hukum
c. diri sendiri
d. tokoh masyarakat

29. Berikut ini yang bukan makna penting pelaksanaan upacara bendera di sekolah yakni ....
a. menanamkan rasa cinta tanah air
b. mempertebal semangat kebangsaan
c. mengenal arti disiplin dan tata tertib
d. sanggup membuatkan semangat keagamaan

30. Bersama-sama membersihkan lingkungan yang kotor yakni perwujudan nilai ....
a. persatuan
b. patriotisme
c. keberanian
d. kegotongroyongan

31. Norma agama yang dianut umat Buddha bersumber dari kitab ....
a. Injil
b. Al Qur’an
c. Weda
d. Tripitaka

32. Tolok ukur berlakunya norma kesopanan di suatu tempat menurut atas ....
a. keputusan tokoh masyarakat
b. moral istiadat suatu daerah
c. harapan seseorang
d. kemauan banyak orang

33. Jika berbuat kesalahan maka hatinya merasa tertekan.. Hal ini salah satu ciri dari hukuman norma ....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum

34. Norma agama yang bersumber dari kitab suci ditujukan untuk ....
a. seluruh umat manusia
b. seluruh warga negara
c. seluruh insan di dunia ini
d. masyarakat di tempat tertentu

35. Norma kesopanan yakni sebuah norma yang didasarkan atas ....
a. kepantasan
b. kitab suci
c. keyakinan
d. kepercayaan

36. Norma kesopanan yang berlaku di masyarakat bersifat ....
a. lahiriah
b. memaksa
c. suka rela
d. lahiriah dan batiniah

37. Tindakan di bawah ini yang tidak diatur dalam norma kesopanan yakni ....
a. sopan santun makan
b. sopan santun berpakaian
c. sopan santun dalam bergaul
d. sopan santun dalam beribadah

38. Norma yang bertujuan untuk menertibkan kehidupan masyarakat yakni norma ....
a. kesopanan dan hukum
b. kesusilaan
c. moral
d. agama

39. Norma agama mempunyai sifat ....
a. lahiriah
b. duniawi
c. memaksa
d. lahiriah dan batiniah

40. Berikut teladan sikap menaati aturan tertulis di masyarakat yakni ....
a. membantu tetangga yang sedang kesusahan
b. saling menghormati
c. melaksanakan ronda malam
d. berperilaku sopan

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

2. Nilai-nilai apa saja yang sanggup diambil dari kejadian Sumpah Pemuda yang sanggup kta terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

3. Sebutkan hal-hal apa saja yang sanggup memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

4. Sebutkan tiga teladan kegiatan yang merupakan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

5. Mengapa kita harus cinta tanah air?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

6. Tuliskan satu perbedaan antara aturan tertulis dengan aturan tidak tertulis !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

7. Mengapa pelaksanaan norma aturan terlihat lebih dipatuhi oleh masyarakat dibandingkan dengan pelaksanaan norma yang lain?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

8. Apa yang seharusnya kita lakukan kalau melanggar norma agama?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

9. Sebutkan teladan pelaksanaan norma kesopanan yang ada di lingkungan sekitar !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

10. Bagaimana cara membuat suasana kondusif dan tertib di lingkungan sekolah ?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. d. 20 Mei 1908
2. a. nasional
3. b. Aceh
4. d. ikrar Sumpah Pemuda
5. d. tekad yang sangat besar lengan berkuasa untuk mempersatukan bangsa
6. b. Tri Koro Dharmo
7. a. 2 Mei 1926
8. d. H.O.S Tjokroaminoto
9. d. menjaga nama baik bangsa dan negara
10. c. bahasa resmi dan bahasa nasional
11. d. selalu merasa bahwa kebudayaan tempat sendiri yakni yang terbaik dibandingkan kebudayaan tempat lain
12. a. ketuhanan
13. d. Sugondo Joyopuspito
14. d. keterampilan
15. b. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
16. a. musyawarah dalam menuntaskan setiap permasalahan
17. d. pengobar semangat persatuan dan kesatuan bangsa
18. a. norma
19. b. dosa
20. b. moral istiadat pada suatu daerah
21. d. bisa membuatkan semangat keagamaan
22. c. dikucilkan masyarakat
23. c. menjadi ringan
24. b. susila
25. b. membuang sampah pada tempatnya
26. a. masyarakat atau tempat tertentu
27. d. universal atau umum di seluruh dunia
28. c. diri sendiri
29. d. sanggup membuatkan semangat keagamaan
30. d. kegotongroyongan
31. d. Tripitaka
32. b. moral istiadat suatu daerah
33. b. kesusilaan
34. c. seluruh insan di dunia ini
35. a. kepantasan
36. d. lahiriah dan batiniah
37. d. sopan santun dalam beribadah
38. a. kesopanan dan hukum
39. d. lahiriah dan batiniah
40. c. melaksanakan ronda malam

Kunci Jawaban Room II

1. Sumpah Pemuda yakni akad atau ikrar yang diucapkan para cowok pada tanggal 20 Oktober 1928
2. Nilai persatuan, kesatuan, musyawarah, dan kekeluargaan
3. perselisihan antar suku, menganggap suku bangsanya paling baik
4. mematuhi tata tertib sekolah, menjaga kebersihan, tidak membeda-bedakan teman
5. alasannya yakni kita hidup di Indonesia maka kita harus cinta Indonesia
6. aturan tertulis dibentuk oleh pemimpin dan mengandung hukuman yang tegas. Aturan tidak tertulis berupa sopan santun maupun moral istiadat
7. alasannya yakni dibentuk oleh pemerintah/ negara yang bersifat memaksa dan mempunyai hukuman yang tegas yaitu eksekusi penjara atau denda
8. segera bertaubat memohon ampun kepada Tuhan Yang Maha esa
9. menggunakan pakaian yang sopan, yang muda menghormati yang tua
10. dengan cara mematuhi tata tertib di sekolah

Download Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban

Note : Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 yakni konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata