Skip to main content

Cara Mencari Nilai Tertentu Kalau Diketahui Nilai Rata-Rata

Halo adik-adik...Pernah tidak menemui soal menyerupai ini. Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu 10, 8, 8, 9, 7. Agar nilai rata-ratanya 8,5. Berapa nilai ke-enam yang harus didapat Andi ?

Pasti pernah kan menemui soal menyerupai itu? Sebenarnya soal di atas ialah salah satu soal yang ada pada penggalan penyajian data yaitu memilih nilai rata-rata hitung (mean), modus, dan median. Pada umumnya soal yang dibahas ialah perihal nilai rata-rata hitung, modus, dan median. Namun soal di atas niscaya ada walaupun jarang. Nah, pertanyaannya, bagaimana sih cara mencari atau memilih nilai tertentu bila diketahui nilai rata-rata menyerupai soal di atas?

 Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu  Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata

Baiklah, biar lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini berikut pola soalnya ! Namun sebelum mencari nilai tertentu bila diketahui nilai rata-rata, kita ulas lagi sedikit mengenai

Nilai Rata-rata Hitung 

Nilai rata-rata hitung (mean) ialah jumlah nilai semua data dibagi banyaknya data. Rumus untuk memilih nilai rata-rata hitung adalah

Rata-rata = Jumlah data : Banyaknya data

Contoh
Diketahui nilai Rudi 6, 4, 7, 7, 8. Berapa nilai rata-ratanya ?

Jawaban:
Nilai rata-rata = Jumlah data : banyaknya data
Nilai rata-rata = (6 + 4 + 7 + 7 + 8) : 5
Nilai rata-rata =  32 : 5 = 6,4
Jadi, nilai rata-rata Rudi ialah 6,4

Menentukan Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata

Nah, kini saatnya kita menjawab soal di atas dengan memakai rumus memilih nilai tertentu.

Soal
Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu 10, 8, 8, 9, 7. Agar nilai rata-ratanya 8,5. Berapa nilai ke-enam yang harus didapat Andi ?

Jawaban:
Nilai rata-rata = 8,5
Jumlah data = 10 + 8 + 8 + 9 + 7 = 42
Banyak data = 5 + 1 = 6

Untuk menuntaskan soal di atas, maka sanggup memakai rumus :

Nilai = Nilai rata-rata x banyak data – jumlah data

Nilai = Nilai rata-rata x banyak data – jumlah data
Nilai = 8,5 x 6 - 42
Nilai = 9
Jadi, nilai yang harus didapat Andi ialah 9

Contoh Soal dan Cara Penyelesaian

Untuk memantapkan materi ini, berikut saya berikan beberapa pola soal lengkap dengan cara penyelesaiannya.

1. Dewi menerima nilai ulangan sebanyak 4 kali yaitu 10, 8, 9, 6. Supaya nilai rata-ratanya 8,5,
maka ulangan kelima, Dewi harus menerima nilai ....
a. 7,5
b. 8,5
c. 9,5
d. 10

Penyelesaian
Cara 1
Nilai rata-rata = 8,5
Jumlah data = 10 + 8 + 9 + 6 = 33
Banyak data = 4 + 1 (akan dilakukan) = 5

Nilai = Nilai rata-rata x banyak data – jumlah data
Nilai = 8,5 x 5 – 33
Nilai = 9,5

Cara 2
Jumlah data = Total seluruh nilai
Banyak data = Frekuensi
 Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu  Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata







Jadi, nilai yang harus didapat Dewi ialah 9,5
Jawaban : c

2. Ariel mengikuti ulangan IPA sebanyak 4 kali. Hasil dari ulangan tersebut ialah 10, 8, 9, dan 6. Supaya nilai rata-ratanya 8, maka nilai ulangan kelima yang harus didapatkan Ariel ialah ....
a. 7
b, 8
C. 9,5
d. 10

Penyelesaian
Cara 1
Nilai rata-rata = 8
Jumlah data = 10 + 8 + 9 + 6 = 33
Banyak data = 4 + 1 (akan dilakukan) = 5

Nilai = Nilai rata-rata x banyak data – jumlah data
Nilai = 8 x 5 – 33
Nilai = 7

Cara 2
Jumlah data = Total seluruh nilai
Banyak data = Frekuensi
 Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu  Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata







Jadi, nilai yang harus didapat Ariel ialah 7
Jawaban : a

3. Nilai ulangan Ayu ialah 7, 8, 7, 6, dan 8. Jika Ayu ingin menerima nilai rata-rata 7,5, maka nilai ulangan keenam Ayu harus ....
a. 7
b. 8
c. 8,5
d. 9

Penyelesaian
Cara 1
Nilai rata-rata = 7,5
Jumlah data = 7 + 8 + 7 + 6 + 8 = 36
Banyak data = 5 + 1 (akan dilakukan) = 6

Nilai = Nilai rata-rata x banyak data – jumlah data
Nilai = 7,5 x 6 – 36
Nilai = 9

Cara 2
Jumlah data = Total seluruh nilai
Banyak data = Frekuensi
 Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu  Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata







Jadi, nilai yang harus didapat Ayu ialah 9
Jawaban : d

4. Nilai rata-rata Matematika  5 orang siswa ialah 90. Jika ditambah dengan nilai Amel, nilai rata-rata menjadi 85. Nilai Amel ialah ....
a. 60
b. 70
c. 80
d. 90

Penyelesaian
Diketahui
Nilai rata-rata = 90
Banyak data = 5
Nilai rata-rata = 85
Banyak data = 5 + 1(Amel) = 6

Untuk mencari nilai sanggup memakai cara menyerupai berikut

Cara 1
Kita cari dulu total seluruh nilai
Total seluruh nilai = nilai rata-rata x banyak data
Total seluruh nilai pertama = 90 x 5 = 450
Total seluruh nilai kedua = 85 x 6 = 510

Nilai = Total seluruh nilai kedua – Total seluruh nilai pertama

Total seluruh nilai pertama ialah jumlah semua nilai sebelum ditambah
Total seluruh nilai kedua ialah jumlah semua nilai sehabis ada penambahan data

Sekarang kita masukkan angkanya

Nilai = Total seluruh nilai kedua – Total seluruh nilai pertama
Nilai = 510 – 450
Nilai = 60
Kaprikornus nilai Amel = 60

Cara 2
 Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu  Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata




Jadi, nilai Amel ialah 510 – 450 = 60
Jawaban : a

5. Rata-rata nilai Matematika Yunus selama 4 kali ulangan ialah 75. Setelah ulangan yang ke-lima, rata-rata nilai Yunus 80. Nilai ke-lima yang didapat Yunus ialah ....
a. 80
b. 85
c. 90
d. 100

Penyelesaian
Cara 1
Total seluruh nilai pertama = 75 x 4 = 300
Total seluruh nilai kedua = 80 x 5 = 400

Nilai = Total seluruh nilai kedua – Total seluruh nilai pertama
Nilai = 400 – 300
Nilai = 100
Kaprikornus nilai ke-lima Yunus = 100

Cara 2
 Andi menerima nilai ulangan sebanyak lima kali yaitu  Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata





Jadi, nilai ke-lima Yunus ialah 400 – 300 = 100
Jawaban : d

Bagaimana? Praktis kan Cara Mencari Nilai Tertentu Jika Diketahui Nilai Rata-Rata ? Apalagi ulasan disertai beberapa pola soal plus cara penyelesaiannya. Pilih yang mana? Cara 1 apa cara 2? Cara 1 biasanya dipakai untuk tingkatan SD, sedangkan cara 2 biasanya dipakai di jenjang SMP. Demikian. Semoga bermanfaat ya.

Popular posts from this blog

120 Soal Passive Voice Dan Kunci Jawaban

Kalimat pasif / Passive Voice ialah kalimat yang doer/ agent atau pelaku berada di posisi objek dan secara grammatical diawali oleh preposisi by yang artinya oleh. Dan berikut ini ialah pola 120 Soal Passive Voice dan Kunci Jawaban. Jika kalian belum paham atau masih galau bagaimana cara mengubah kalimat aktif menjadi pasif, silahkan dibaca lagi Pelajaran bahasa Inggris Passive Voice . Setelah itu kerjakan soal-soal di bawah ini ya... Jangan takut tidak bisa, alasannya ialah soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Berbicara wacana passive voice, saya pernah mempelajarinya yang mana passive voice hanya dipakai oleh 8 tenses non continuous dan 2 tenses continuous. Namun saya juga pernah membaca buku yang mana passive voice dapat dipakai oleh semua tenses (16 tenses). Dan di bawah ini saya bagikan pola soal passive voice yang dipakai oleh 7 tenses yang paling banyak dipakai ditambah passive voice dengan variasi modal auxiliary. A. PRESENT PASSIVE VOICE Berikut ini ialah so...

Soal Luas Dan Keliling Persegi Panjang Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang  ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga sanggup membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang  untuk materi didik putra-putri/ anak didik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri persegi panjang yaitu .... a. Keempat sudutnya siku-siku b. Keempat sisinya sama panjang c. Mempunyai 2 simetri lipat d. Mempunyai 2 simeteri putar 2. Rumus luas dan keliling persegi panjang yaitu .... a. L = s x s dan K = 4 x s b. L = p x l dan K = 2 x p x l c. L = p + l dan K = 2 x (p + l) d. L = p x l dan K = 2 x (p + l) 3. Suatu persegi panjang ...

Cara Cek Dan Cetak Nisn

Cara mencari, cek dan cetak NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini merupakan tips dan trik pemula. Cara ini lebih sempurna bagi para siswa dan wali murid yang ingin mencari, mengetahui, sekaligus mencetak (print) NISN ini sebagai bukti kepemilikan NISN. Meski cara ini juga sanggup dilakukan oleh operator madrasah untuk keperluan sejenis. Namun bila ingin mengetahui dan mencetak NISN dalam bentuk daftar untuk satu madrasah, sanggup memakai cara lain sebagaimana diulas di artikel:  Cara Copy dan Cetak Semua NISN . Meskipun dalam beberapa waktu terakhir, layanan dengan cara tersebut, tidak sanggup dipakai (tengah dinonaktifkan) NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang sanggup membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. Dengan tugas dan fungsinya tersebut, NISN sangat penting bagi siswa untuk diketahui dan dimiliki buktinya. Mencari NISN dimaksudkan un...