Skip to main content

Pemetaan Kd Ki-3 Ki-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 yaitu pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) dan Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) Mapel Tematik Umum K13 bagi SD/MI Kelas 4 Semester 1. Setiap KD dipetakan dalam pembelajaran, subtema, dan tema dalam satu semester. Sehingga akan didapatkan daftar KD dan mupel apa saja yang termuat dalam suatu tema, subtema, maupun pembelajaran yang dilakukan.

Dengan tersusunnya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pertema, subtema, dan pembelajaran ini akan memudahkan guru kelas di madrasah dalam mengajarkan mata pelajaran Tematik Umum. Baik dalam perencanaan pembelajaran (penyusunan RPP) maupun dikala pembelajaran berlangsung. Pun dalam menyusun perencanaan evaluasi ibarat pembuatan kisi-kisi soal baik evaluasi harian, evaluasi tengah semester, maupun evaluasi final semester. Karena dari pemetaan KD tersebut akan terlihat dengan jelas, KD apa saja yang masuk dalam periode evaluasi harian, evaluasi tengah semester, maupun evaluasi final semester.

Sehingga dengan adanya pemetaan KD, baik KI-3 maupun KI-4 pada kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 ini akan meminimalisir kesalahan guru dalam memberikan materi pembelajaran maupun kesalahan dalam menciptakan soal penilaian. Memastikan masing-masing kompetensi dasar telah berada pada tema, subtema, maupun pembelajaran yang sesuai.

 yaitu pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Inti Pengetahuan  Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Mengingat tugas penting pemetaan KD KI-3 dan KI-4 tersebut ayo madrasah menawarkan teladan pemetaan KD untuk KI-3 dan KI-4 kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas IV semester ganjil. Pemetaan KD ini disusun dalam bentuk file excel sehingga memudahkan bagi guru kelas yang ingin memakai ulang.

Selain pemetaan KI dan KD juga disertakan Distribusi KD Tematik Umum Kelas 4 Semester 1. Distribusi ini memuat ringkasan persebaran KD dan Mupel pada setiap tema.

Baca Juga:

1. Distribusi KD Kelas 4 Semester Ganjil


Mata pelajaran Tematik Umum Kelas 4 Semester 1 SD/MI terdiri atas lima mupel yang meliputi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). 

Kelima mupel tersebut diajarkan secara tematik dalam lima buah tema. Masing-masing tema terbagi dalam beberapa subtema. Dan setiap subtema diajarkan dalam 6 pembelajaran. Tema dan subtema dalam pelajaran Tematik Umum kelas 4 Semester Ganjil SD/MI yaitu sebagai berikut:
  • Tema 1, Indahnya Kebersamaan, dengan subtema:
    • Keberagaman Budaya Bangsaku
    • Kebersamaan dalam Keberagaman
    • Bersyukur atas Keberagaman
  • Tema 2, Selalu Berhemat Energi, dengan subtema:
    • Sumber Energi
    • Manfaat Energi
    • Energi Alternatif
  • Tema 3, Peduli Terhadap Makhluk Hidup, dengan subtema:
    • Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
    • Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
    • Ayo Cintai Lingkungan
  • Tema 4, Berbagai Pekerjaan, dengan subtema:
    • Jenis-Jenis Pekerjaan
    • Pekerjaan di Sekitar Kita
    • Pekerjaan Orang Tuaku
  • Tema 5, Pahlawanku, dengan subtema:
    • Perjuangan Para Pahlawan
    • Pahlawan Kebanggaanku
    • Sikap Kepahlawanan

Kesemua kompetensi dasar dari mupel (Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Seni Budaya dan Prakarya) didistribukan dalam tema dan subtema di atas. Distribusi KD untuk KI Pengetahuan yaitu sebagai berikut:
  • Tema 1 terdiri atas: 
    • PPKN KD 3.4 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia   yang terikat persatuan dan kesatuan
    • Bahasa Indonesia KD 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual; 
    • Bahasa Indonesia KD 3.2; Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual 
    • IPA KD 3.6 Menerapkan sifat-sifat suara dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
    • IPS KD 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia   ; serta hubungannya dengan karakteristik ruang
    • SBDP KD 3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
  • Tema 2 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 
    • Bahasa Indonesia KD 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual  
    • Bahasa Indonesia KD 3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual  
    • Bahasa Indonesia KD 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
    • IPA KD 3.5 Mengidentifikasi banyak sekali sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif   (angin, air, matahari, panas bumi, materi bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
    • IPS KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
    • SBDP KD 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
  • Tema 3 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari  
    • Bahasa Indonesia KD 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara   menggunakan daftar pertanyaan
    • IPA KD 3.1 Menganalisis kekerabatan antara bentuk dan fungsi bab badan pada binatang dan tumbuhan
    • IPA KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya  
    • IPS KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
    • SBDP KD 3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel  
  • Tema 4 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.1 Memahami makna kekerabatan simbol dengan sila-sila Pancasila  
    • Bahasa Indonesia KD 3.5 Menguraikan pendapat pribadi wacana isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)  
    • IPA KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya  
    • IPS KD 3.3 Mengidentifikasi acara ekonomi dan hubungannya dengan banyak sekali bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar   sampai provinsi  
    • SBDP KD 3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
  • Tema 5 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.1 Memahami makna kekerabatan simbol dengan sila-sila Pancasila  
    • Bahasa Indonesia KD 3.7 Menggali pengetahuan gres yang terdapat pada teks nonfiksi  
    • Bahasa Indonesia KD 3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang gres diketahui dari teks nonfiksi  
    • IPA KD 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan  
    • IPS KD 3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan tempat setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini  
    • SBDP KD 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

Sedang untuk Matematika dan PJOK, sesuai Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016) tidak masuk dalam tematik.

Distribusi kompetensi dasar (KD) baik untuk KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) sanggup disimak melalui gambar tabel berikut ini.

 yaitu pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Inti Pengetahuan  Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

2. Unduh Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1


Dari distribusi KD di atas, disusunlah pemetaan KD yang lebih terperinci baik pertema, persubtema, maupun perpembelajaran. Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 4 Semester 1 tersebut disusun dalam file excel yang terbagi dalam lima sheet, yaitu:
  • Pemetaan KD KI-3 Per Subtema dan Pembelajaran Kelas 4 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-3 Per Tema dan Subtema Kelas 4 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-4 Per Subtema dan Pembelajaran 4 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-4 Per Tema dan Subtema Kelas 4 Semester Ganjil
  • Distribusi KD Kelas 4 Semester Ganjil

Sila unduh pemetaan KD (UNDUH FILE)

Baca Juga:

Bagi guru kelas SD/MI Kelas 4 yang membutuhkan pemetaan KD Kelas 4 Semester Ganjil silakan mengunduh dan menggunakannya sebagai pedoman dalam mengajarkan mata pelajaran Tematik Umum di kelasnya masing-masing.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata