Skip to main content

Cara Gampang Mengerjakan Soal-Soal Perbandingan

Hallo... pembaca sekalian, kembali akan membahas bahan perbandingan. Menurut saya, bahan perbandingan kali ini jauh lebih simpel dari pada bahan perbandingan sebelumnya yaitu perbandingan bertingkat yang sudah pernah aku bahas di blog ini.

Materi Perbandingan

Perbandingan ialah bahan yang niscaya ada dan mulai diajarkan di dingklik sekolah dasar. Materi ini mungkin sangat simpel bagi kita, namun tidak demikian dengan adik-adik yang masih duduk di dingklik kelas 5 SD. Praktis bagi kita, namun bagaimana mengajari adik-adik dan memahamkan mereka itu yang tidak mudah. Oleh lantaran itulah pada kesempatan kali ini aku ingin menyebarkan cara simpel mengerjakan soal-soal perbandingan ibarat yang aku ajarkan kepada sobat kecil aku alias belum dewasa les.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Oke, pribadi saja ya. Di sini aku tidak akan membahas dan menjabarkan secara mendetail perihal perbandingan tapi pribadi saja pada pada dasarnya yaitu cara mengerjakan soal-soal perbandingan.

Seperti yang kita ketahui, perbandingan ialah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana. Secara matematis, perbandingan sanggup ditulis a : b dan juga sanggup dinyatakan dalam belahan yaitu a/b dengan keterangan a sebagai pembilang, dan b sebagai penyebut.

Untuk mengerjakan soal-soal perbandingan, maka kita harus mengetahui angka perbandingan itu milik siapa dan bilangan faktual yang sudah diketahui itu sebagai pengali. Jika sudah diketahui pemilik angka nyata, maka jadikan angka perbandingan pemilik angka faktual tersebut sebagai penyebut.

Contoh soal Perbandingan 1

Perbandingan umur Diaz dengan umur paman ialah 2 : 6. Jika umur paman 42 tahun maka :
a. Berapa umur Diaz ?
b. Berapa jumlah umur mereka?
c. Berapa selisih umur mereka?

Dan inilah balasan berikut penjelasannya...
a. Cara menghitung umur Diaz
Pada soal, angka faktual yang sudah diketahui ialah umur paman yaitu 42 tahun maka jadikan sebagai angka pengali. Angka perbandingan untuk Diaz ialah 2 sedangkan angka perbandingan untuk paman ialah 6. Karena yang diketahui ialah angka faktual yaitu umur paman 42 tahun maka secara otomatis angka perbandingan untuk paman yaitu 6 menjadi penyebutnya dan yang ditanyakan menjadi pembilangnya.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Makara umur Diaz 14 tahun

b. Cara menghitung jumlah umur mereka
Untuk menghitung umur mereka, maka jumlahkan angka perbandingan milik Diaz dan paman.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Makara jumlah umur mereka 56 tahun

c. Cara menghitung selisih umur mereka
Untuk menghitung selisih umur mereka, caranya cukup simpel yaitu tinggal mengurangi angka perbandingan milik paman dengan angka perbandingan milik Diaz.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Makara selisih umur mereka 28 tahun

Contoh Soal Perbandingan 2

Pak Amat menjual gorengan yaitu molen, pisang goreng, tahu lingkaran dengan perbandingan 3 : 5 : 9. Jika selisih tahu lingkaran dengan pisang goreng ialah 24, maka :
a. Berapa jumlah molen?
b. Berapa jumlah pisang goreng ?
c. Berapa jumlah tahu lingkaran ?
d. Berapa jumlah semua gorengan yang dijual pak Amat ?
e. Berapa selisih tahu lingkaran dengan molen ?
f. Berapa selisih pisang goreng dengan molen ?

Jawaban
Pada soal, angka perbandingan ialah molen = 3, pisang goreng = 5, tahu lingkaran = 9. Yang diketahui ialah selisih tahu lingkaran dengan pisang goreng yaitu 24. Maka 24 ialah bilangan pengali. Sekarang kita cari selisih perbandingan tahu lingkaran dengan pisang goreng yaitu 9 - 5 = 4. Angka 4 ini jadikan penyebut. Yang ditanyakan jadikan pembilangnya.

Makara ...
a. Jumlah molen ialah ....
3/4 x 24 = 18 buah

b. Jumlah pisang goreng ialah ....
5/4 x 24 = 30 buah

c. Jumlah tahu lingkaran ialah ....
9/4 x 24 = 54 buah

d. Jumlah semua gorengan ialah ....
3 + 5 + 9 / 4  x 24 = 102 buah atau
18 + 30 + 54 = 102 buah

e. Selisih tahu lingkaran dengan molen ialah ....
9 - 3 / 4 x 24 = 36 buah atau
54 - 18 = 36 buah

f. Selisih pisang goreng dengan molen ialah ....
5 - 3 / 4 x 24 = 12 buah atau
30 - 18 = 12 buah

Untuk memantapkan bahan perbandingan, baca juga di bawah ini ⇩

Soal Perbandingan plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Bagaimana? so easy bukan? Anti ribet. InsyaAllah adik-adik simpel memahaminya. Semoga goresan pena perihal Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan yang aku bagikan ini sanggup mempunyai kegunaan untuk kita semua.

Popular posts from this blog

120 Soal Passive Voice Dan Kunci Jawaban

Kalimat pasif / Passive Voice ialah kalimat yang doer/ agent atau pelaku berada di posisi objek dan secara grammatical diawali oleh preposisi by yang artinya oleh. Dan berikut ini ialah pola 120 Soal Passive Voice dan Kunci Jawaban. Jika kalian belum paham atau masih galau bagaimana cara mengubah kalimat aktif menjadi pasif, silahkan dibaca lagi Pelajaran bahasa Inggris Passive Voice . Setelah itu kerjakan soal-soal di bawah ini ya... Jangan takut tidak bisa, alasannya ialah soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Berbicara wacana passive voice, saya pernah mempelajarinya yang mana passive voice hanya dipakai oleh 8 tenses non continuous dan 2 tenses continuous. Namun saya juga pernah membaca buku yang mana passive voice dapat dipakai oleh semua tenses (16 tenses). Dan di bawah ini saya bagikan pola soal passive voice yang dipakai oleh 7 tenses yang paling banyak dipakai ditambah passive voice dengan variasi modal auxiliary. A. PRESENT PASSIVE VOICE Berikut ini ialah so...

Soal Luas Dan Keliling Persegi Panjang Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang  ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga sanggup membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang  untuk materi didik putra-putri/ anak didik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri persegi panjang yaitu .... a. Keempat sudutnya siku-siku b. Keempat sisinya sama panjang c. Mempunyai 2 simetri lipat d. Mempunyai 2 simeteri putar 2. Rumus luas dan keliling persegi panjang yaitu .... a. L = s x s dan K = 4 x s b. L = p x l dan K = 2 x p x l c. L = p + l dan K = 2 x (p + l) d. L = p x l dan K = 2 x (p + l) 3. Suatu persegi panjang ...

Cara Cek Dan Cetak Nisn

Cara mencari, cek dan cetak NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini merupakan tips dan trik pemula. Cara ini lebih sempurna bagi para siswa dan wali murid yang ingin mencari, mengetahui, sekaligus mencetak (print) NISN ini sebagai bukti kepemilikan NISN. Meski cara ini juga sanggup dilakukan oleh operator madrasah untuk keperluan sejenis. Namun bila ingin mengetahui dan mencetak NISN dalam bentuk daftar untuk satu madrasah, sanggup memakai cara lain sebagaimana diulas di artikel:  Cara Copy dan Cetak Semua NISN . Meskipun dalam beberapa waktu terakhir, layanan dengan cara tersebut, tidak sanggup dipakai (tengah dinonaktifkan) NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang sanggup membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. Dengan tugas dan fungsinya tersebut, NISN sangat penting bagi siswa untuk diketahui dan dimiliki buktinya. Mencari NISN dimaksudkan un...