Skip to main content

Cara Gampang Mengerjakan Soal-Soal Perbandingan

Hallo... pembaca sekalian, kembali akan membahas bahan perbandingan. Menurut saya, bahan perbandingan kali ini jauh lebih simpel dari pada bahan perbandingan sebelumnya yaitu perbandingan bertingkat yang sudah pernah aku bahas di blog ini.

Materi Perbandingan

Perbandingan ialah bahan yang niscaya ada dan mulai diajarkan di dingklik sekolah dasar. Materi ini mungkin sangat simpel bagi kita, namun tidak demikian dengan adik-adik yang masih duduk di dingklik kelas 5 SD. Praktis bagi kita, namun bagaimana mengajari adik-adik dan memahamkan mereka itu yang tidak mudah. Oleh lantaran itulah pada kesempatan kali ini aku ingin menyebarkan cara simpel mengerjakan soal-soal perbandingan ibarat yang aku ajarkan kepada sobat kecil aku alias belum dewasa les.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Oke, pribadi saja ya. Di sini aku tidak akan membahas dan menjabarkan secara mendetail perihal perbandingan tapi pribadi saja pada pada dasarnya yaitu cara mengerjakan soal-soal perbandingan.

Seperti yang kita ketahui, perbandingan ialah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana. Secara matematis, perbandingan sanggup ditulis a : b dan juga sanggup dinyatakan dalam belahan yaitu a/b dengan keterangan a sebagai pembilang, dan b sebagai penyebut.

Untuk mengerjakan soal-soal perbandingan, maka kita harus mengetahui angka perbandingan itu milik siapa dan bilangan faktual yang sudah diketahui itu sebagai pengali. Jika sudah diketahui pemilik angka nyata, maka jadikan angka perbandingan pemilik angka faktual tersebut sebagai penyebut.

Contoh soal Perbandingan 1

Perbandingan umur Diaz dengan umur paman ialah 2 : 6. Jika umur paman 42 tahun maka :
a. Berapa umur Diaz ?
b. Berapa jumlah umur mereka?
c. Berapa selisih umur mereka?

Dan inilah balasan berikut penjelasannya...
a. Cara menghitung umur Diaz
Pada soal, angka faktual yang sudah diketahui ialah umur paman yaitu 42 tahun maka jadikan sebagai angka pengali. Angka perbandingan untuk Diaz ialah 2 sedangkan angka perbandingan untuk paman ialah 6. Karena yang diketahui ialah angka faktual yaitu umur paman 42 tahun maka secara otomatis angka perbandingan untuk paman yaitu 6 menjadi penyebutnya dan yang ditanyakan menjadi pembilangnya.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Makara umur Diaz 14 tahun

b. Cara menghitung jumlah umur mereka
Untuk menghitung umur mereka, maka jumlahkan angka perbandingan milik Diaz dan paman.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Makara jumlah umur mereka 56 tahun

c. Cara menghitung selisih umur mereka
Untuk menghitung selisih umur mereka, caranya cukup simpel yaitu tinggal mengurangi angka perbandingan milik paman dengan angka perbandingan milik Diaz.

 kembali  akan membahas bahan perbandingan Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan

Makara selisih umur mereka 28 tahun

Contoh Soal Perbandingan 2

Pak Amat menjual gorengan yaitu molen, pisang goreng, tahu lingkaran dengan perbandingan 3 : 5 : 9. Jika selisih tahu lingkaran dengan pisang goreng ialah 24, maka :
a. Berapa jumlah molen?
b. Berapa jumlah pisang goreng ?
c. Berapa jumlah tahu lingkaran ?
d. Berapa jumlah semua gorengan yang dijual pak Amat ?
e. Berapa selisih tahu lingkaran dengan molen ?
f. Berapa selisih pisang goreng dengan molen ?

Jawaban
Pada soal, angka perbandingan ialah molen = 3, pisang goreng = 5, tahu lingkaran = 9. Yang diketahui ialah selisih tahu lingkaran dengan pisang goreng yaitu 24. Maka 24 ialah bilangan pengali. Sekarang kita cari selisih perbandingan tahu lingkaran dengan pisang goreng yaitu 9 - 5 = 4. Angka 4 ini jadikan penyebut. Yang ditanyakan jadikan pembilangnya.

Makara ...
a. Jumlah molen ialah ....
3/4 x 24 = 18 buah

b. Jumlah pisang goreng ialah ....
5/4 x 24 = 30 buah

c. Jumlah tahu lingkaran ialah ....
9/4 x 24 = 54 buah

d. Jumlah semua gorengan ialah ....
3 + 5 + 9 / 4  x 24 = 102 buah atau
18 + 30 + 54 = 102 buah

e. Selisih tahu lingkaran dengan molen ialah ....
9 - 3 / 4 x 24 = 36 buah atau
54 - 18 = 36 buah

f. Selisih pisang goreng dengan molen ialah ....
5 - 3 / 4 x 24 = 12 buah atau
30 - 18 = 12 buah

Untuk memantapkan bahan perbandingan, baca juga di bawah ini ⇩

Soal Perbandingan plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Bagaimana? so easy bukan? Anti ribet. InsyaAllah adik-adik simpel memahaminya. Semoga goresan pena perihal Cara Praktis Mengerjakan Soal-soal Perbandingan yang aku bagikan ini sanggup mempunyai kegunaan untuk kita semua.

Popular posts from this blog

Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris Dan Jawaban

Berikut ini Soal Modal Auxiliary, Soal Online Bahasa Inggris dan Jawaban. Seperti biasanya, soal ini berupa kuis atau tes online bahasa Inggris yang mana kalian sanggup eksklusif menjawab soal dengan cara mengklik bulatan di depan balasan yang kalian anggap paling benar. Jika balasan kalian benar atau salah pun, maka skor akan eksklusif ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal ialah 5. Tes Online "Modal Auxiliary" Petunjuk: klik lingkaran yang ada di depan balasan yang benar. Poin untuk satu soal ialah 5 1. You can't do the test if you don't study. You .... stay at home and study harder. be able to should would may 2. Mr. Tukul has a large house and three luxury cars. He .... be rich. may can must should 3. It's very cold and windy outside. If you don't have a coat, you .... borrow mine. shall should must can 4. They told me that they .... like to go to the beach. could would will must 5. Nina asked her mother :"

Soal Luas Dan Keliling Segitiga Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Luas dan Keliling Segitiga . Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Luas dan Keliling Segitiga ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, semoga dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Luas dan Keliling Segitiga untuk materi latih putra-putri/ anak didik yang duduk di kursi sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar ! 1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga .... a. siku-siku b. sama kaki c. sama sisi d. sembarang 2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya yakni .... a. 50° b. 60° c. 70° d. 80° 3. Keliling berdiri di atas yakni .... cm a. 21 b. 22 c. 24 d. 25 4. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC yakni .... cm. a. 15 b. 16 c. 18 d. 20 5. Diketahui seg

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul. Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya. Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepata